Rabu 09 Dec 2015 10:19 WIB

12 Jasa Besar Muslim untuk Amerika yang Dilupakan Donald Trump (Bagian 2)

Red: Nur Aini
Capres Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump.
Foto: Reuters
Capres Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Keberadaan warga Muslim di AS bisa jadi dibenci kandidat calon presiden AS Partai Republik, Donald Trump. Dia menyatakan warga Muslim dilarang masuk AS setelah peristiwa penembakan San Bernardino pekan lalu. Akan tetapi, Donald Trump tampaknya melupakan jasa besar warga Muslim untuk Amerika Serikat.

Dalam sejarah Amerika Serikat, warga Muslim memiliki jasa besar termasuk pendirian negara itu (baca: Jasa Besar Muslim untuk Amerika yang Dilupakan Donald Trump (Bagian 1))

Berikut jasa besar Muslim untuk Amerika yang dilupakan Donald Trump seperti dilaporkan the Guardian

5. Mengobati warga Amerika yang sakit

Tanpa Ayub Ommaya, mungkin banyak orang yang beberapa di antaranya adalah warga Amerika akan mati atau menderita sakit mengerikan. Pada 1963, ahli bedah saraf Muslim kelahiran Pakistan menciptakan sebuah sistem intraventrukular kateter yang dapat digunakan untuk memberikan obat. Itu merupakan plastik lembut yang berbentuk kubah dan ditempatkan di bawah kulit kepala. Disebut sebagai Ommaya Reservoir, alat ini dihubungkan dengan kateter yang ditempatkan dalam otak. Reservoir ini digunakan untuk kemoterapi langsung tumor otak. Dia juga menciptakan skor koma yang pertama kali untuk klasifikasi cederak otak traumatis. Selain itu, dia membangun Pusat Pencegahan dan Pengendalian Cedera Nasional AS yang fokus pada cedera otak traumatis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement