Rabu 16 Dec 2015 10:25 WIB
Peristiwa Unik 2015

Kaleidoskop Maret 2015: Tawaran Hati CEO Apple Hingga Bermain Boling dengan Granat

Steve Jobs
Foto:
Emas Batangan (ilustrasi)

Larikan Emas Abad 19, Dua Pria Paraguay Ditangkap

BUENOS AIRES -- Dua pria asal Paraguay ditangkap pihak berwenang Argentina saat berupaya menyeberangi perbatasan. Keduanya kedapatan menggondol batang emas yang berasal dari abad ke 19, senilai lebih dari dua juta dolar.

BBC News melaporkan pada Selasa (17/3), salah seorang pria yang ditangkap mengatakan mereka membelinya dari sekelompok masyarakat adat senilai 50 ribu dolar AS. Keduanya mengatakan, batang emas atau ingot tersebut memiliki berat mencapai 25 kilogram dengan stempel bertuliskan Bank Sentral Paraguay 1824.

Keduanya telah menyeberang dari kota Encarnacion di Paraguay ke kota Posdas di Argentina. Mereka ditangkap setelah petugas bea cukai dengan menggunakan alat pemeriksa menemukan ingot tersembunyi di bawah kursi penumpang.

Para wartawan mengatakan, ingot kemungkinan dikubur oleh keluarga kaya selama perang Triple Alliance pada 1864 hingga 1870. Saat itu Paraguay berperang melawan Argentina, Brasil dan Uruguay. Paraguay dikalahkan oleh aliansi tiga negara tersebut. Mereka mengalami kekalahan besar.

Sumber di Argentina mengatakan, pihak berwenang Paraguay telah diberitahu terkait penangkapan ini.

Selanjutnya: Nevada akan Legalkan Penggunaan Ganja untuk Pengobatan Hewan

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement