Sabtu 19 Dec 2015 00:01 WIB
Peristiwa Unik 2015

Kaleidoskop Juni 2015: 60 Tahun Peluru Bersarang di Tubuh, Pria Miliki 420 Batu Ginjal

Peluru yang bersarang selama 60 tahun di tubuh kakek Duan Zhi Cai (94 tahun).
Foto: Foxnews
Penderita penyakit ginjal (ilustrasi).

Pria Ini Miliki 420 Batu Ginjal

DONGYANG -- Tim dokter di Cina menghabiskan dua jam untuk mengoperasi seorang pria yang memiliki 420 batu ginjal. Operasi pengangkatan batu ginjal tersebut berlangsung lancar dan seluruhnya berhasil dikeluarkan.

BBC melaporkan pada Selasa (9/8), pasien tersebut hanya diidentifikasi bernama He. Ia menjalani operasi di rumah sakit di Dongyang, provinsi Zhejiang. Dokter menduga batu ginjal terbentuk akibat diet ketat tahu yang dijalani He dan kurangnya ia minum.

''Produk kacang kedelai, khususnya tahu sangat tinggi kalsium. Jika berlebih ia tak bisa dikeluarkan dari tubuh tanpa bantuan air yang cukup,'' kata dokter Wei Yubin.

Sebelumnya pada Mei, He pergi ke dokter dan mengeluh sakit di bagian perut bawah. Hasil CT scan menunjukan ginjal kirinya dipenuhi batu ginjal. Dokter mengatakan jika tidak segera operasi, maka ginjal kirinya harus diangkat.

420 batu ginjal terdengar sangat banyak dan tidak mengenakkan. Namun ternyata, jumlah ini masih jauh dari jumlah yang tercatat di Guiness World Records.

Pada 2009, seorang dokter di India berhasil mengangkat 172.155 batu ginjal dari seorang pasien. Dokter mengangkat batu-batu tersebut hanya dari ginjal kiri pasien dalam operasi selama tiga jam.

Selanjutnya: Kakek 73 Tahun Naiki Roller Coaster ke 12 Ribu Kali



 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement