Sabtu 26 Dec 2015 06:00 WIB

10 Kecelakaan Pesawat Mengenaskan Sepanjang 2015

Pesawat An-24 dalam sebuah kecelakaan fatal beberapa waktu lalu (ilustrasi).
Foto: AP/Jose Alamo
Bangkai dua helikopter yang mengalami tabrakan di Villa Castelli, Provinsi La Rioja, Argentina, Senin (9/3).

BUENOS AIRES -- Tiga atlet Prancis termasuk dalam delapan korban tewas kecelakaan helikopter di Argentina utara. Atlet renang Camille Muffat, petinju Alexis Vastine dan pelaut Florence Arthaud tewas setelah helikopter yang ditumpanginya saat melakukan syuting reality show bertabrakan di udara, Senin (9/3).

Seperti dilansir Sky News, Selasa (10/3), ketiga atlet pernah menorehkan prestasi membanggakan di Olimpiade. Muffat misalnya, ia meraih medali emas saat olimpiade di London pada 2012. Sementara Arthaud dianggap sebagai salah satu pelaut terbaik di dunia dan telah memenangkan Route du Rhum. Vastine merupakan petinju yang pernah meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 dalam kategori kelas welter ringan.

Ketiganya tewas saat helikopter yang ditumpanginya bersama lima orang lain sedang melakukan syuting di wilayah Villa Castelli di La Rioja. Helikopter mereka terbang di atas Quebrada El Yeso dan Quebrada Condado di wilayah pegunungan saat kecelakaan terjadi.

Pejabat polisi menegaskan, delapan warga Prancis dan dua pilot Argentina termasuk dalam korban tewas. Sebuah pernyataan dari pemerintah La Rioja menegaskan identitas ketiga atlet.

Pernyataan dari pemerintah provinsi La Rioja menambahkan, helikopter dari La Rioja adalah jenis Eurocopter berkapasitas enam orang. Helikopter diduga menabrak helikopter lain dari Santiago del Estero tak lama setelah lepas landas.

Presiden Prancis Francois Hollande dalam sebuah pernyataan mengatakan, ini merupakan kematian brutal rekan-rekan Prancis. Ia juga menyebut ini sebagai peristiwa yang mendatangkan kesedihan besar.

Mantan pemain sepak bola Arsenal Sylvain Wiltord, yang dilaporkan merupakan salah satu kontestan yang tak jadi ikut dalam reality show, menyatakan kesedihannya di akun Twitternya.

"Saya sedih untuk teman-teman saya, saya gemetar, merasa ngeri, saya kehabisan kata-kata, saya tak ingin mengatakan apa pun," kicau Wiltrod dalam akun Twitternya.

Reality show bertajuk Dropped, melibatkan delapan bintang olahraga. Pemerintah provinsi mengatakan, pemain dan kru sebanyak sekitar 80 orang ada di sekitar lokasi.

Selanjutnya: Dua Pesawat TNI AU Jatuh Di Malaysia

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement