Sabtu 26 Dec 2015 14:46 WIB

10 Peristiwa dalam Agenda Penghinaan Nabi Muhammad pada 2015

Red: Ilham
Muhammad SAW
Foto:

1. Pada Rabu, 7 Januari 2015, sekelompok orang bertopeng berpakaian hitam dengan bersenjatakan AK-47 menyerbu majalah satir Charlie Hebdo di Paris, Prancis. Sambil meneriakkan kata 'Allahu Akbar', pelaku menyerbu kantor majalah yang sering menghina Islam tersebut.

Sebanyak 12 orang tewas, yang dua di antaranya adalah petugas polisi. Pemimpin Redaksi Charlie Hebdo, Stephane Charbonnier dan kartunis Jean Cabut ikut tewas ikut tewas dalam serangan itu. Dilansir NBC News, tersangka menembak mati salah satu petugas ketika sedang mencoba melarikan diri menggunakan mobil Citreon berwarna hitam.

Diduga, serangan itu terkait dengan publikasi majalah mingguan tersebut yang telah menerbitkan kartun yang dianggap mengolok-olok Nabi Muhammad. Majalah ini memang kerap menggambar kartun Nabi Muhammad dengan sengaja mengejek umat Islam yang melarang memvisualisasi sosok nabi.

Salah satu jurnalis stasiun televisi Europe1 News Pierre de Cossette menyatakan, salah satu pelaku berteriak "Ini pembalasan atas penghinaan pada Nabi Muhammad Saw" ketika melakukan aksinya.

Sehari setelah itu, Pemerintah Prancis menyatakan hari berkabung nasional. Petugas keamanan akan meningatkan keamanan untuk organisasi media, tokoh besar, dan tempat ibadah, dan meluncurkan perburuan guna mencari pelaku dengan meminta bantuan FBI.

"Kami akan menemukan orang-orang yang melakukan ini," kata Presiden Prancis Francois Hollande. Dia menyerukan persatuan nasional untuk menyikapi serangan itu. Pasalnya, serangan teroris tersebut merupakan yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

sumber : Data Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement