Ahad 10 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: The Beatles Luncurkan Album Pertama

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
The Beatles
Foto:
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terdiri dari 51 negara mengadakan Majelis Umum pertama di Westminster Central Hall London, Inggris, 10 Januari 1946.

Hari ini pada 1946 silam, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terdiri dari 51 negara mengadakan Majelis Umum pertama di Westminster Central Hall London, Inggris. Satu pekan kemudian, Dewan Keamanan PBB bertemu untuk pertama kalinya dan mendirikan aturan tata kerjanya. 

Kemudian pada 24 Januari, Majelis Umum mengadopsi resolusi pertama, menyerukan penggunaan energi atom damai, penghapusan senjata atom dan pemusnah massal lainnya.

Pada konferensi Dumbarton Oaks 1944 di Washington DC, dasar itu dijadikan sebuah organisasi pascaperang internasional untuk memelihara perdamaian dan keamanan di dunia usai perang. Pada April 1945, dengan akan dimulainya perayaan kemenangan di Eropa, para delegasi dari 51 negara berkumpul di San Fransisco untuk menyusun Piagam PBB.

Pada 26 Juni, dokumen itu ditandatangani oleh para delegasi. Pada 24 Oktober secara resmi diratifikasi oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan dan mayoritas penandatanganan lainnya. Saat ini anggota PBB telah mencapai negara.

Selanjutnya: Perang Muslim dan Hindu di Kalkuta

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement