Ahad 10 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: The Beatles Luncurkan Album Pertama

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
The Beatles
Foto:
Sisa-sisa kerusuhan berdarah antara Muslim dan Hindu di Kalkuta, India, 10 Januari 1946.

Pada 10 Januari 1964 terjadi pertempuran antara Muslim dan Hindu di Kalkuta yang menyebabkan lebih dari 100 orang tewas. Lebih dari 7.000 orang juga telah ditangkap dan 438 terluka dalam bentrokan yang telah menyebar ke kabupaten sekitarnya.

Pemerintah India mengklaim masalah di Kalkuta telah mengorbankan sebagian besar kehidupan. Jam malam diperpanjang untuk lima wilayah kota yang diduduki oleh polisi menyusul serangan pembakaran dan penjarahan terhadap Muslim.

Angkatan bersenjata dan polisi juga telah diberikan perintah menembak untuk membunuh oleh pemerintah dalam kasus di mana umat Hindu terlihat menyerang umat Islam. Para pejabat menyatakan tekadnya untuk membasmi kekerasan. Pasukan juga telah mengambil tindakan keras terhadap para pembuat masalah.

Sayangnya, langkah itu menjadi bumerang ketika tiga polisi tewas karena mencoba melindungi kelompok Muslim dan rumah mereka saat mereka menembaki massa.

Lebih dari 110 orang dibawa ke rumah sakit setelah penembakan. Petugas pemadam kebakaran harus berurusan dengan 200 kasus pembakaran. Meskipun ada beberapa insiden penusukan dan pelemparan bom, sebagian besar kerusuhan telah mengakibatkan penjarahan dan pembakaran properti Muslim.

Dua pabrik karet dibakar bersama dengan sejumlah toko dan tempat tinggal. Bus dan trem tidak beroperasi, sebagian besar toko dan pasar ditutup.

Lebih dari 70 ribu Muslim meninggalkan rumah mereka dan 55 ribu tidur di alam terbuka di bawah perlindungan tentara. Organisasi bantuan berjuang untuk menyediakan makanan, air dan sanitasi untuk pengungsi.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement