Jumat 15 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Ratu Elizabeth I Menerima Mahkota

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Ratu Elizabeth I
Foto:
Putri Diana

Hari ini pada 1997, Putri Diana telah membuat marah para menteri pemerintah setelah menyerukan larangan internasional atas penggunaan ranjau darat. Komentarnya tersebut dibuat selama kunjungan ke Angola untuk melihat sendiri beberapa korban ranjau darat.

Menteri Pertahanan Junior Inggris Earl Howe telah menjelaskan kepada sang putri dan merasa putri kurang informasi tentang masalah ranjau darat.

"Kebijakan pemerintah mengenai hal ini telah menjadi salah satu sangat berhati-hati dan pernyataan yang dibuat oleh Princess of Wales belum sejalan dengan kebijakan itu," kata Peter Viggers, anggota panitia pemilihan pertahanan.

Pemerintah terlibat dalam negosiasi internasional untuk larangan seluruh dunia pada ranjau darat. Sedangkan tentara Inggris masih menggunakan ranjau darat.

Sang putri telah bersikeras kepada jajarannya atas komentarnya yang menyebabkan kebingungan. Semua ini ia coba lakukan untuk membantu.

Ia di Angola sebagai tamu Palang Merah Internasional yang menekan penggunaan larangan ranjau darat. Buruh menyambut intervensi oleh sang putri. Mereka mendukung panggilan untuk moratorium internasional tentang penggunaan ranjau antipersonel.

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement