Ahad 17 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Petinju Legendaris Muhammad Ali Lahir

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Muhammad Ali
Tentara Angkatan Bersenjata Polandia pertama memasuki Warsawa, Polandia pada Januari 1945.

Pada hari ini, 17 Januari 1945, pasukan Soviet membebaskan ibu kota Polandia, Warsawa dari pendudukan Jerman. Warsawa adalah medan pertempuran sejak hari pertama pertempuran di teater Eropa.

 Jerman menyatakan perang dengan meluncurkan serangan udara pada 1 September 1939 dan ditindaklanjuti dengan pengepungan yang menewaskan puluhan ribu warga sipil Polandia.

Serangan ini juga mendatangkan malapetaka pada monumen bersejarah, kehilangan listrik, air, dan makanan. Sebanyak 25 persen rumah di kota hancur. Warsawa menyerah kepada Jerman pada 27 September.

Uni Soviet menyambar bagian dari timur Polandia sebagai bagian dari Pakta Molotov-Ribbentrop (juga dikenal sebagai Pakta Hitler-Stalin) yang ditandatangani pada Agustus 1939. Pada Agustus 1944, Soviet mulai maju di Warsawa, memukul mundur Jerman barat.

Tentara Polandia takut Soviet akan berbaris di Warsawa untuk melawan Jerman dan tidak pernah meninggalkan ibu kota. Warga Polandia berharap, jika mereka bisa mengalahkan Jerman sendiri, sekutu akan membantu menginstal pengasingan pemerintah antikomunis Polandia setelah perang.

Sayangnya, Soviet bukannya membantu pemberontakan Polandia, justru berdiri diam menyaksikan Jerman membantai Polandia dan mengirim korban ke kamp. Ini menghancurkan perlawanan pemerintahan Polandia terhadap komunis pro-Soviet yang merupakan bagian penting dari desain teritorial pascaperang Stalin.

Setelah Stalin mengerahkan 180 divisi melawan Jerman di Polandia dan Prusia Timur, tentara Jenderal Georgi Zhukov menyeberangi Vistula utara dan selatan ibu kota Polandia, membebaskan kota dari Jerman dan merebutnya untuk Uni Soviet. Pada saat itu, populasi sebelum perang Warsawa sekitar 1,3 juta telah berkurang menjadi hanya 153 ribu orang.

Selanjutnya: Jet Tanker dan Bomber Tabrakan di Spanyol

 

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement