Kamis 07 Jan 2016 12:58 WIB

Menteri Muslim Pertama India Wafat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Mohamed Sayeed, menteri Muslim pertama India.
Foto: IndiaToday
Mohamed Sayeed, menteri Muslim pertama India.

REPUBLIKA.CO.ID, KASHMIR -- Kepala Menteri Khasmir India Mufti Mohammad Sayeed meninggal diusianya yang ke-79, Rabu (6/1). Sayeed yang masuk rumah sakit Delhi dua pekan lalu meninggal karena sejumlah masalah kesehatan.

Ia adalah pendiri Partai Demokratik Rakyat (PDP) dan memimpin koalisi pemerintah dengan Perdana Menteri Narendra Modi di Kashmir. Putrinya, Mahbooba Mufti akan menggantikan posisi Sayeed sebagai kepala menteri baru.

Mufti adalah presiden PDP di negara administrasi Kashmir, India. Ia telah sejak lama membantu partai ayahnya menuju kemenangan dalam pemilu Desember 2014 lalu. PDP memenangkan 28 kursi di pemerintahan, sementara partai Modi BJP memenangkan 25 kursi.

Media India menyebut koalisi Sayeed dan Modi adalah momen bersejarah. Pasalnya, partai PDP Sayeed didominasi oleh Muslim sementara BJP didominasi nasionalis Hindu.

Sejumlah pemimpin menghaturkan bela sungkawa atas kematian Sayeed, termasuk Modi. Menurutnya, kepergian Mufti Sahab meninggalkan duka pada negeri. "Keteladanan kepemimpinannya telah membawa pengaruh pada hidup rakyat, RIP," katanya.

Sayeed adalah menteri dalam negeri Muslim pertama di India yaitu pada 1989. Ia lahir pada 1936 dan memulai karir politiknya pada 1950 dengan bergabung Partai Konferensi Nasional. Tak lama ia keluar dan masuk Partai Kongres. Ia memainkan peran penting dalam membentuk partai di Kashmir.

Kashmir diklaim oleh dua negara, India dan Pakistan. Tempat ini telah menjadi titik utama perseteruan kedua negara selama lebih dari 60 tahun. Kedua negara juga sudah menjalani dua perang wilayah tersebut.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement