Ahad 31 Jan 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Simpanse Ham Kembali dengan Selamat dari Angkasa

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Pada 31 Januari 1961, Ham si simpanse yang dikirim ke ruang angkasa dari lokasi peluncuran di Cape Canaveral mendarat di Bumi dengan selamat.
Foto:
Pengujian sabuk pengaman (ilustrasi).

Pengemudi dan penumpang yang duduk di depan harus memakai sabuk pengaman sesuai dengan undang-undang baru yang mulai berlaku pada tengah malam 31 Februari 1983 di Inggris.

Departemen Transportasi mengatakan, 30 ribu orang per tahun tewas atau mengalami cedera serius dalam kecelakaan di jalan. Departemen itu berharap kewajiban memakai sabuk pengaman di kursi depan akan menyelamatkan seribu nyawa per tahun.

Bukti menunjukkan, enam dari 10 pengemudi saat ini mengabaikan saran penggunaan sabuk pengaman di kursi depan. Polisi pun didesak melakukan pendekatan lembut, tapi pengemudi bisa didenda 50 poundsterling karena tidak mengenakan sabuk pengaman.

Beberapa pengemudi mengeluh kebebasan pribadi mereka dilanggar. Menurut pengemudi, sabuk pengaman tidaklah nyaman. Pemerintah mendesak para pengemudi memeriksa posisi sabuk pengaman mereka dan membuat penyesuaian hingga nyaman.

Sebanyak 90 persen penumpang di kursi depan mulai rutin mengenakan sabuk pengaman setelah aturan menjadi wajib. Pada 1991, penggunaan sabuk pengaman menjadi wajib bagi orang dewasa di kursi belakang.

Angka menunjukkan peningkatan dari 10 persen menjadi 40 persen. Pada Oktober 2000, angka penggunaan sabuk pengaman di kursi belakang menunjukkan peningkatan menjadi 59 persen pada orang dewasa dan 91 persen pada anak-anak.

sumber : history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement