Senin 08 Feb 2016 15:43 WIB

Meriahnya Imlek di Cina

Yusheng, selada khas salah satu menu utama dalam perayaan Imlek atau tahun baru Cina.
Foto:

Buat kebanyakan orang Tionghoa, malam tahun baru disediakan untuk pertunjukan selama empat jam yang dimulai pada pukul 20.00 di lembaga penyiaran negara. Tahun ini, banyak di antara mereka menggenggam telepon pintar untuk memperoleh "uang hadiah".

Raksasa Internet Cina, termasuk Alibaba, Tencent dan Baidu menawarkan hadiah berupa uang sebesar satu miliar yuan (152 juta dolar AS) pada malam itu untuk menarik sebanyak mungkin pengguna telepon genggam berbayar.

Warga desa Kota Praja Qincheng, Provinsi Sandong di Cina TImur, tempat telepon genggam tidak terlalu populer, mereka lebih memilih kemeriahan asli yang digelar buat mereka. Rakyat dari lima desa menggelar pertunjukan tarian, nyanyi opera, lomba komedi dan bahkan pertunjukan sulap di satu halaman, yang dipenuhi orang meskipun udara dingin menggigit tulang.

Pertunjukan di Desa Dongdazhang dimulai pada 1950-an dan 1960-an, dan telah berkembang dari pertunjukan opera lokal menjadi pertunjukan bervariasi tahunan yang menarik pemirsa dari desa-desa di dekatnya.

Di Provinsi Sichuan, yang dipenuhi gunung, warga Desa Qishan menikmati waktu hangat di dalam rumah tepat menjelang Tahun Baru Imlek. Pemerintah lokal tahun lalu menanam modal 550 juta yuan untuk membantu 8.297 rumah tanggal yang hidup di rumah jelek pindah ke rumah baru.

Setelah tengah malam, Tahun Baru Monyet dimulai. Tahun baru lain yang berupa kerja keras dan harapan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement