Senin 22 Feb 2016 11:25 WIB

Ekspor Senjata Cina Melonjak Dua Kali Lipat

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Parade persenjataan tempur di Cina (Ilustrasi)

Cina telah menginvestasikan miliaran ntuk mengembangkan industri senjata guna mendukung ambisi maritim di Laut Cina Selatan dan Samudera Hindia. Cina juga menyasar pasar luar negeri untuk teknologi biaya yang relatif rendah. Total anggaran militer Cina pada 2015 adalah 98,19 miliar poundsterling, naik 10 persen dari tahun sebelumya.

Ekspor senjata AS dan Rusia masing-masing tumbuh 27 dan 28 persen. Sementara ekspor senjata Prancis dan Jerman yang merupakan eksportir terbesar keempat dan kelima jatuh selama periode yang sama.

Sebagian besar penjualan senjata Cina adalah ke negara-negara Asia dan Oseania. Sebanyak 35 persen diantaranya adalah Pakistan disusul Bangladesh dan Myanmar.

Pakistan adalah sekutu utama Cina. Hubungan militer kedua negara terkadang memicu ketegangan dengan India yang berusaha mendorong industri senjata sendiri.

Cina masih perlu mengimpor senjata, termasuk pesawat angkut besar, helikopter serta mesin untuk pesawat, kendaraan dan kapal.

Cina sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia menandatangani kesepakatan pada 2015 untuk membeli sistem pertahanan udara dan dua lusin jet tempur dari Rusia, pemasok senjata terbesarnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement