Ahad 28 Feb 2016 05:52 WIB

Sejarah Hari Ini: Perdana Menteri Swedia Dibunuh

Police Line
Foto: dailymail
DNA (ilustrasi)

Pada hari ini tahun 1953, ilmuwan dari Cambridge University, James D Watson dan Frances HC Crick mengumumkan telah menetapkan struktur helix ganda DNA, molekul yang mengandung gen-gen individu.

Komponen DNA yang merupakan deoksiribonukleik acid telah ditemukan sejak 1869. Namun penemuan bahwa struktur ini adalah heliks ganda baru diperoleh hari ini. Peran krusialnya dalam mewariskan sifat genetik tidak bisa dipecahkan hingga tahun 1943.
Pada awal 1950, Watson dan Crick hanyalah dua ilmuwan yang bekerja untuk menganalisis DNA. Ahli kimia Linus Pauling sebelumnya melaporkan bahwa model DNA yang dibuat pada 1953 adalah salah. Sehingga kedua ilmuwan itu mencoba mencari tahu.
Pada pagi 28 Februari, keduanya menemukan bahwa struktur DNA adalah polimer helix ganda yang membentuk spiral dari dua untai DNA. Masing-masing untaian mengandung rantai panjang monomer nukleotida yang berikatan satu sama lain.
Dalam buku mereka The Double Helix yang dipublikasikan pada 1968 mereka menyebut telah menemukan rahasia kehidupan. Ini menjadi isu fenomenal sepanjang waktu tersebut karena disebut revolusioner. Namun ternyata ketenaran membuat dua sahabat ini mengkhianati kolaborasi mereka.
Sebuah kontroversi juga mengikuti perjalanan penemuan helix ganda DNA ini. Watson dan Crick ternyata menggunakan penelitian ilmuwan lain untuk mencapai fase di atas. Peneliti DNA lain, Rosalind Franklin adalah kolega dari Maurice Wilkins yang menunjukan hasil foto X-ray DNA pada Watson dan Crick.
Crick dan Watson memenangkan Hadiah Nobel pada 1962. Mereka membagikannya dengan Wilkins. Namun Franklin yang meninggal pada 1958 karena kanker ovarium tidak pernah tahu bahwa hasil fotonya berperan besar dalam penemuan bersejarah ilmu pengetahuan.

sumber : BBC/history.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement