Rabu 06 Apr 2016 15:32 WIB

Teknologi Sel Induk akan Mampu Tumbuhkan Tulang Manusia

Associate Professor Pimanda mengatakan masih butuh waktu sebelum manusia mampu menumbuhkan lengan dan kaki yang hilang.
Foto:

"Tapi juga sel-sel ini cenderung menghasilkan suplai darah mereka sendiri dan saya pikir itu cukup signifikan, karena kami memiliki pasien yang rusak pembuluh darahnya, jaringan mereka mati karena mereka tidak mendapatkan cukup darah dan saya pikir kami bisa meregenerasi jaringan tubuh yang rusak serta meregenerasi pasokan darah mereka. "

 

UNSW telah menggunakan contoh salamander dalam penelitian awal mereka dan Associate Professor Pimanda mengatakan bahwa sementara itu bukan analogi yang salah, mereka masih sangat jauh dari mampu untuk meregenerasi seluruh anggota tubuh manusia.

 

"Saya pikir analogi salamander adalah bahwa hewan-hewan ini cenderung meregenerasi anggota badan mereka dengan sel dewasa mereka di tempat di mana anggota badan mereka yang lepas  ...jika kita melihat ke masa lampau dan melihat ke masa depan akan kemungkinan  menumbuhkan kembali kulit, lemak, otot, tulang dan sebagainya yang telah hilang, "kata Associate Professor Pimanda.

 

"Jadi saya pikir analogi ini benar bahwa sel-sel kita menolak sel-sel lemak dan kita benar-benar kembali ke masa, kami bisa membuat sel induk yang memiliki potensi untuk membuat berbagai macam jaringan.

 

"Jadi Kita memang bolak balik dan itulah yang dilakukan salamander."

 

Penelitian ini telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-06/teknologi-sel-induk-dalam-waktu-dekat-mampu-menumbuhkan-tulang-manusia/1566242
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement