Selasa 19 Apr 2016 05:54 WIB

Sejarah Hari Ini: Gempa Bumi Guncang Guatemala, Lebih dari 2.000 Orang Tewas

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa. Ilustrasi
Foto: [ist]
Boston Maraton

Pada 19 April 1897, John J McDermott dari New York, Amerika Serikat (AS) memenangkan lomba lari Boston Marathon untuk pertamakalinya dengan waktu tempuh 2:55:10. Boston Marathon digagas oleh anggota Asosiasi Atletik Boston dan manajer tim Olimpiade AS John Graham, yang terinspirasi oleh maratHon di Olimpiade Athena, Yunani pada 1896.

Pengusaha Boston Herbert H Holton ikut membantu. Kemudian berbagai rute didiskusikan, sebelum akhirnya dipilih jarak 24,5 mil atau sekitar 39,4 kilometer dari Irvington Oval di Boston ke Metcalf Mill di Ashland. Sebanyak 15 pelari mulai ikut kompetisi lari itu, namun hanya 10 peserta berhasil mencapai garis finish.

McDermott, menang dan memimpin di depan atlet Harvard Dick Grant saat mendaki perbukitan di Newton. Meskipun ia berjalan kaki di beberapa kilometer, McDermott masih menang dengan selisih enam menit, 52 detik. Pada 1908, jarak tempuh lomba maraton diubah sesuai dengan standar Olimpiade.

Boston Marathon awalnya digelar saat hari Patriot 19 April, hari libur daerah yang memperingati awal Perang Revolusi. Pada 1969, Hari Patriot secara resmi dipindahkan ke Senin di pekan ketiga April. Semenjak saat itu, lomba diselenggarakan pada Senin. Perempuan awalnya tidak diizinkan untuk ikut kompetisi ini sampai 1972, tapi Roberta "Bobbi"

Gibb tidak sabar menunggu. Pada 1966, ia menjadi wanita pertama ikut Boston Marathon. Tetapi ia harus bersembunyi di semak-semak sampai lomba dimulai. Pada 1967, Kathrine Switzer yang telah terdaftar sebagai ''KV Switzer'' merupakan perempuan pertama ikut perlombaan dengan nomor dada.

Switzer mampu mengikuti perlombaan hingga akhir meskipun panitia mencoba mencoba mengeluarkannya dari balapan setelah tahu ia adalah seorang perempuan.

Pada 1971, persatuan atletik amatir mengizinkan kaum hawa untuk ikut lari maraton, termasuk Boston Marathon. Nina Kuscsik menjadi peserta wanita pertama yang resmi berpartisipasi dalam Boston Marathon pada 1972.

Ada tujuh pelari perempuan lainnya yang ikut dan menyelesaikan kompetisi lari itu. Pada 1975, Boston Marathon menjadi balap lari maraton utama yang pertama menyertakan kompetisi pelari menggunakan kursi roda. Bob Hall menang dalam waktu dua jam 58 menit.

sumber : BBC, History.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement