Senin 25 Apr 2016 15:05 WIB

Ribuan Warga Australia Peringati Hari Anzac 2016

Prajurit yang mengikuti Upacara Peringatan Hari Anzac 2016 di Point Danger, Torqua
Foto:

Turnbull menutup pidatonya pada upacara fajar pagi ini di Bondi dengan kalimat "kita akan mengingat mereka." Di sejumlah negara warga Australia juga berkumpul untuk memperingati Hari Anzac dengan menggelar upacara fajar dan berparade.

Tahun ini menandai ulang tahun ke-100 dari parade pertama Hari Anzac di Australia, dan ribuan orang berkumpul untuk bertepuk tangan menyambut kemeriahan parade di kota-kota di Australia termasuk Sydney, Perth, Hobart, Darwin, Brisbane, Adelaide dan Melbourne.

 
Gubernur  Queensland Paul de Jersey berterima kasih kepada ratusan ribu warga  Australia dan Selandia Baru yang bertugas melayani negara sebagai prajurit.

"Hari ini kita mengucapkan terima kasih dan rasa hormat secara khusus pada personel pertahanan kita yang berdedikasi dan profesional, saat ini sebanyak 2.200 orang prajurit bertugas di luar negeri mendukung kepentingan Australia," katanya kepada warga yang menghadiri peringatan Hari Anzac di Brisbane.

Sekitar 55 ribu orang warga juga menghadiri upacara fajar di peringatan Hari Anzac di Canberra ditengah udara dingin musim gugur yang menggigit demi menghormati prajurit Australia.  Direktur  AWM, Brendan Nelson yang memimpin upacara di Canberrra mengatakan nilai-nilai dari pertempuran di Anzac yang tertanam dalam budaya Australia semakin lekat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Generasi muda Australia dan Selandia Baru memberikan seluruh jiwa dan raga mereka semua pada Gallipoli dan ditempa dalam pengorbanan berdarah merupakan suatu ikatan yang tetap hidup bagi kedua negara sekarang masih tetap hidup," katanya.
 
Lebih dari 40.000 orang juga berkumpul untuk melakukan upacara fajar di Melbourne Shrine of Remembrance dimana pasukan veteran Perang Vietnam memimpin pawai ke kuil untuk pertama kalinya, untuk memperingati ulang tahun ke-50 Pertempuran Long Tan.
 
Di Adelaide, Ketua Komite Hari Anzac Day di Australia Selatan, Ian Smith, mengatakan ulang tahun ke-101  pendaratan Gallipoli yang diperingati hari ini adalah kesempatan untuk merefleksikan tragedi peperang, daripada kemuliaan militer.
 
Upacara besar juga diselenggarakan di Tasmania dan Darwin, di mana orang banyak berkumpul untuk menyaksikan para veteran saat mereka berjalan di Parade Hari Anzac.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-04-25/ribuan-warga-australia-memperingati-hari-anzac-2016/1573512
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement