Rabu 04 May 2016 07:08 WIB

Sejarah Hari Ini: Rabin dan Arafat Sepakati Pemerintahan Mandiri Palestina

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Ketua Organisasi Pembebasan Palestina Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin mencatat sejarah dengan berjabat tangan usai menandatangani perjanjian damai yang ditengahi Presiden AS Bill Clinton pada 13 September 1993.
Foto:
Hari ini 1990 lalu, Jesse Tafero dieksekusi di Florida setelah malfungsi kursi listrik tiga kali, menyebabkan api menyambar dari kepalanya. Kematian Tafero memicu perdebatan baru terhadap metode eksekusi manusiawi.

Hari ini 1990 lalu, Jesse Tafero dieksekusi di Florida setelah malafungsi kursi listrik tiga kali, menyebabkan api menyambar dari kepalanya. Kematian Tafero memicu perdebatan baru terhadap metode eksekusi manusiawi.

Beberapa negara berhenti menggunakan kursi listrik dan mengadopsi suntikan mematikan sebagai sarana melakukan hukuman mati.

Ketika abad ke-20 berakhir, beberapa negara mengalami kesulitan menemukan algojo berpengalaman, sementara yang lain tidak bisa menemukan teknisi yang bisa memperbaiki kursi listrik.

Bergerak ke arah penerapan suntikan mematikan juga menjadi masalah karena hanya ada beberapa orang yang memenuhi syarat dan tahu bagaimana melakukan suntikan yang tepat. Jika dilakukan secara tidak tepat, suntikan yang mengandung kombinasi obat lumpuh dan dosis mematikan kalium klorida dapat melumpuhkan seorang narapidana dan mengakibatkan  kematian yang menyakitkan.

Eksekusi gagal Tafero jauh dari anomali. Di Alabama, eksekusi berkepanjangan Horace F Dunkin duduk 19 menit di kursi listrik yang rusak. Pada Juli 1998, narapidana Florida Allen Lee "Tiny" Davis yang beratnya 344 pon menjerit kesakitan saat disengat listrik, sementara darah mengalir ke bajunya. Pihak berwenang mengklaim darah berasal dari hidungnya yang berdarah.

sumber : History, BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement