Sabtu 07 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Pembunuh Berantai Pertama Amerika Digantung

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Pada 7 Mei 1896, Henry Howard Holmes, salah satu pembunuh berantai pertama di Amerika yang terkenal dihukum gantung hingga mati di Philadelphia, Pennsylvania.
Foto:
Bendera Jerman

Jerman telah menandatangani penyerahan tanpa syarat yang sekaligus mengakhiri enam tahun perang di Eropa. Malam ini, 1945 silam, Departemen Penerangan telah mengonfirmasi pernyataan resmi mendeklarasikan berakhir akan dilakukan serentak di London, Washington dan Moskow esoknya.

Hari tersebut telah dinyatakan sebagai hari libur nasional untuk menandai Hari Kemenangan di Eropa (VE Day). Hari berikutnya (9 Mei) juga akan menjadi hari libur nasional.

Penandatanganan resmi dilakukan di sebuah sekolah di Reims, timur laut Prancis yang berfungsi sebagai markas panglima tertinggi di Eropa, Jenderal Dwight D Eisenhower. Penandatangan dilakukan secara dingin dan lugas.

Setelah itu, Jenderal Gustav Jodi dari Jerman berbicara singkat. Ia mengatakan Jerman telah menyerahkan dirinya untuk pemegang kemenangan yang lebih baik atau lebih buruk.

Dokumen itu ditandatangani Jenderal Bedell Smith sebagai komandan sekutu, Jenderal Ivan Susloparov mewakili Rusia dan Jenderal Francois Sevez mewakili Prancis.

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, pemimpin Soviet Marsekal Joseph Stalin dan Presiden Amerika Serikat Harry S Truman kini sepakat membuat pengumuman resmi berakhirnya perang. Churchill akan menyiarkan pengumuman dari ruang Kabinet di Downing Street.

Itu adalah ruangan yang sama saat Perdana Menteri sebelumnya, Neville Chamberlain mengumumkan Inggris sedang berperang dengan Jerman pada 3 September 1939.

sumber : History, BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement