Rabu 11 May 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Perdana Menteri Inggris Ditembak Mati

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Inggris pada 11 Mei 1809 Spencer Perceval ditembak mati oleh pengusaha gila John Bellingham di lobi House of Commons, London.
Foto:
Sebanyak 50 orang tewas dalam kebakaran di tribun stadion bola di Bradford, Inggris, 11 Mei 1985

Sebanyak 50 orang tewas dalam kebakaran di tribun stadion bola di Bradford, Inggris hari ini 1985. Atap kayu yang terbakar segera diganti menjadi atap baja beberapa hari kemudian.

Sore itu, Bradford tengah bertanding melawan Lincoln City. Banyak penggemar berada di tribun untuk merayakan dua tahun kebangkitan Bradford dari kebangkrutan ke liga Champion dan promosi ke divisi kedua.

Mendekati akhir babak pertama, api muncul dari tribun utama. Seketika, beberapa orang penonton berlari ke lapangan untuk menyelamatkan diri dari kobaran api. Hal ini langsung menjadi perhatian.

Dalam beberapa menit, api melahap atap kayu dengan cepat dan orang-orang di bawahnya. Hanya butuh empat menit untuk atap sepenuhnya  terbakar. Ratusan orang terluka dan sekitar 56 orang tewas.

"Api menyebar sangat cepat. Saya tidak pernah melhat yang seperti ini. Asapnya mencekik. Kamu pasti susah bernapas," kata korban selamat Geoffrey Mitchell.

Banyak orang tidak menyadari bencana tersebut. Beberapa penggemar muda dilaporkan menari dan bernyanyi di depan saat api berkobar, sementara yang lain melemparkan batu ke petugas televisi.

Pejabat menyelidiki penyebab kebakaran tersebut dan menemukan asal percikan api adalah rokok.

Selanjutnya: Bob Marley Menyerah pada Kanker

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement