Jumat 20 May 2016 09:23 WIB

Jangan Tunda Cuci Piring, Ini Bahayanya

Tumpukan piring kotor.
Foto:

Jika anda mencuci piring dengan tangan, berikut tips-tips yang disebutkan Profesor Barbara.

  • Gunakan air panas bersuhu setinggi yang bisa anda toleransi (pakai sarung tangan karet)
  • Gunakan sabun cuci piring dan beberapa jenis scrub atau sikat sehingga Anda benar-benar menghilangkan partikel makanan dengan sebersih-bersihnya
  • Gunakan serbet bersih, karena serbet biasanya adalah hal paling kotor di dapur Anda

Cara terbaik untuk menjaga serbet agar tetap bersih, ketimbang menggantinya secara teratur, adalah memanaskannya di dalam microwave.

"Kedengarannya agak aneh, tapi jika Anda membilasnya sehingga tak ada makanan yang menempel dan lantas dimasukkan ke dalam microwave selama satu menit, Anda biasanya bisa menggunakan serbet Anda tanpa batas," ungkap Prof Barbara.

Solusi umum yakni merendam piring di dalam wastafel ternyata juga tak baik "dari sudut pandang kebersihan".

"Anda meletakkan piring ke dalam suhu air di bawah 60 derajat dan itu adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri,” sebut sang Profesor.

“Anda akan berakhir dengan sup bakteri, lalu Anda akan memasukkan tangan Anda ke wastafel untuk menarik steker keluar dan mencuci piring, dan jika Anda tak mencuci tangan Anda dengan benar, Anda akan mencemari dapur," terangnya.

Satu-satunya solusi nyata?

"Cobalah untuk langsung mencuci piring," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-05-19/jangan-tunda-cuci-piring-ini-bahaya-yang-bisa-dihadapi/1581774
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement