Sabtu 30 Jul 2016 08:58 WIB

Sejarah Hari Ini: Jet Tempur Tabrakan dengan Pesawat Penumpang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
All Nippon Airways
Foto:
Salah satu hasil patung karya Hanry Moore.

Pematung Henry Moore lahir di Castleford, Yorkshire pada 30 Juli 1898. Putra seorang penambang batu bara ini menjadi salah satu pematung paling terkenal dari abad ke-20. Ia terkenal dengan patung megah dan semiabstrak tentang sosok manusia.

Anak ketujuh dari delapan bersaudara itu dibesarkan di kota pertambangan batu bara kecil Castleford di Inggris utara. Ayahnya adalah seorang yang ambisius. Ia belajar sendiri matematika canggih untuk bangkit dari penambang biasa jadi insinyur pertambangan.

Moore memutuskan ia ingin menjadi seorang pematung pada usia 11. Setelah mendengar cerita sekolah minggu Michelangelo. Ia kemudian belajar pematung dan menjadi terkenal.

Selama Perang Dunia II, studio Moore rusak oleh bom dan bahan patung sulit didapat. Dia berbalik untuk menggambar dan menjadi seniman perang yang ditugaskan menghasilkan serangkaian gambar dari London.

Karya-karya Moore kemudian terinfiltrasi oleh dunia perang. Ia mendapat banyak pengakuan dan apresiasi hingga penghargaan semasa hidupnya. Dia meninggal pada 1986.

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement