Ahad 31 Jul 2016 00:04 WIB

'Sebagai Muslim dan Pendukung Republik Saya Jadi Korban Pencalonan Trump'

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto:
Donal Trump dan Mike Pence

Khan ingat Presiden George W. Bush mengadakan konferensi pers di Islamic Center of Washington setelah serangan 9/11. Saat itu menurut Khan, Bush diapit para pemimpin komunitas Muslim mengatakan, teror bukanlah Islam yang benar. Bush menurutnya kala itu juga mengatakan AS berperang melawan kejahatan bukan Islam.

"Kontras dengan kebohongan terang-terangan oleh Trump yang mengatakan ribuan Muslim di New Jersey merayakan runtuhnya World Trade Center," kata Khan.

Melihat pemilu November mendatang, Khan mengingat pemilihan senator New York pada tahun 2000. Saat itu Rick Lazio menyerang Hillary Clinton karena terlalu dekat dengan Muslim. Muslim di New York kemudian termotivasi memobilisasi pemilih, dan membuat Clinton menang.

Partai Republik juga pernah melakukan hal yang sama di negara-negara bagian seperti Florida, Virginia, Pennsylvania, Ohio dan Michigan, di mana suara Muslim memainkan peran kunci. Khan mencontohkan pada pemilihan di Florida tahun 2000 yang dimenangkan Bush sebab umat Islam di sana mendukungnya.

"Pada November, saya akan memilih kandidat Demokrat dan berharap GOP (Partai Republik) yang kalah akan fokus pada kejayaan Amerika Serikat, dengan pluralisme, toleransi, demokrasi, supremasi hukum dan masyarakatnya yang terbuka," ujar Khan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement