Kamis 25 Aug 2016 15:27 WIB

Alat Sensor Ini Mampu Diagnosis Penyakit Lewat Ponsel

Profesor Kirill Alexandrov dengan purwarupa alat diagnosis.
Foto:

Profesor Alexandrov mengatakan perangkat ini juga bisa digunakan untuk memantau tingkat stres dan penyakit yang lebih umum, dan memiliki implikasi langsung untuk diagnostik dalam dunia elektronik dimana biaya kesehatan semakin tidak berkelanjutan.

Dia mengatakan hal ini akan memungkinkan diagnosis mandiri yang akurat dan menggantikan peran dokter umum.

"Kami ingin memiliki semua catatan diagnosis di awan dan berharap suatu hari kita akan memiliki algoritma yang akan dapat menggantikan setidaknya dokter, jika tidak dokter spesialis," katanya.

"Alat ini akan bekerja, pertanyaannya adalah apakah alat ini benar-benar akan dapat menggantikan uji laboratorium sebagaimana diharapkan.

Kita akan bisa mendiagnosa diri sendiri dengan ponsel kita, dan dokter umum hanya akan menjadi algoritma yang anda berli di toko aplikasi, atau alat ini akan menjadi bantuan diagnosa bagi dokter dan akan digunakan untuk situasi tertentu."

Peneliti Wayne Johnston mengatakan biosensor adalah teknologi yang telah lama dinantikan kehadirannya.

"Alat ini bisa menghemat waktu dan uang, tapi juga bisa mendesentralisasi kekuatan menguji coba dan membuat sistem yang secara umum bisa berhasil dioperasikan di komunitas, tidak hanya di rumah sakit," kata Johnston.

"Alat ini cukup bisa memperbaiki situasi untuk bisa memiliki alat uji yang mudah dipindahkan dan sangat mudah digunakan dalam berbagai cara kerja yang terbaik bagi siapa saja yang bekerja di lapangan yang menghadapi masalah ini," ujarnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/alat-diagnosis-penyakit-dari-ponsel/7782890
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement