Senin 12 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Uni Soviet Luncurkan Roket Kedua ke Bulan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah roket besar yang membawa 391 Kg instrumen ilmiah, telah berhasil diluncurkan ke Bulan oleh Uni Soviet pada 12 September 1959. Roket yang dinamai Lunik II ini merupakan roket kedua yang diluncurkan Uni Soviet ke Bulan.
Foto:
Presiden terdahulu Prancis Nicolas Sarkozy dan istri Carla Bruni-Sarkozy melihat lukisan prasejarah di Ga Lascaux dalam perayaan 70 tahun temuan gua tersebut di Montignac, Prancis, 12 September 2010.

Lukisan prasejarah tak sengaja ditemukan oleh empat orang remaja yang sedang menyusuri Gua Lascaux, Montignac, Prancis pada 12 September 1940. Lukisan-lukisan yang diperkirakan berusia 15 ribu sampai 17 ribu tahun itu sebagian besar menunjukkan gambar hewan.

Dilansir dari History, karya seni terbaik dari jaman Paleolitikum ini pertama kali dipelajari oleh arkeolog Prancis, Henri-Édouard-Prosper Breuil. Gua Lascaux terdiri dari gua utama dengan lebar 66 kaki dan tinggi 16 kaki.

Dindingnya dihiasi dengan 600 lukisan hewan dan hampir 1.500 ukiran simbol-simbol. Gambar-gambar dilukiskan dengan baik dari berbagai jenis hewan, seperti kuda, rusa merah, rusa, bovines, kucing, dan beberapa makhluk mitos.

Hanya ada satu manusia yang digambarkan dalam lukisan itu, yaitu seorang pria berkepala burung. Para arkeolog percaya gua ini digunakan dalam jangka waktu panjang sebagai pusat berburu dan melakukan ritual keagamaan.

Gua Lascaux dibuka untuk umum pada 1948, namun ditutup pada 1963. Penutupan gua disebabkan oleh lampu buatan yang meredup sehingga membuat banyak ganggang tumbuh menghalangi lukisan.

Pemerintah Prancis kemudian membuka replika Gua Lascaux didekatnya pada 1983. Puluhan ribu pengunjung mendatangi gua replika ini di setiap tahunnya.

Selanjutnya: John F Kennedy Nikahi Jackie Sebelum Jadi Presiden AS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement