Sabtu 24 Sep 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Nabi Selesai Berhijrah, Tahun Pertama Hijriah Dimulai

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
 Warga Pekayon Bekasi berkeliling kota saat pawai menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1435 di Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/11) malam.  ( Republika/ Tahta Aidilla)
Penulis novel ternama Stephen King

Pada 24 September 1996, penulis novel ternama, Stephen King, merilis dua novel sekaligus. Menariknya, novel pertama berjudul Desperation, diterbitkan atas namanya sendiri, sedangkan novel kedua berjudul The Regulators, diterbitkan di bawah nama samarannya, Richard Bachman.

Dilansir dari History, King lahir di Portland, Maine, pada 1947. Ayahnya meninggalkan keluarganya saat ia berusia dua tahun dan ibunya berjuang sendiri membesarkan dua anak.

King tumbuh sebagai anak yang mencintai buku. Ia belajar Bahasa Inggris di Universitas Maine, tempat dia bertemu dengan istrinya, Tabitha.

Setelah kuliah, King mengajar di sekolah dan Tabitha bekerja di binatu. Saat itu King telah menulis empat novel, tapi semuanya ditolak penerbit.

King sempat menyerah untuk membuat novel kelima, tapi istrinya terus menyemangati. Pada 1973, ia mendapat bayaran 2.500 dolar AS atau Rp 32,5 juta untuk novel berjudul Carrie, yang menceritakan tentang balas dendam berdarah di sekolah.

Beberapa bulan kemudian, ia mendapat royalti sebesar 420 ribu dolar AS. Buku tersebut menjadi buku terlaris pertama yang diterbitkannya.

Selain 30 novel ciptaannya, King juga menulis enam novel dengan nama Richard Bachman, serta 14 cerita pendek. Novel King saat ini telah terjual lebih dari 300 juta kopi di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement