Sabtu 01 Oct 2016 08:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Orang Yahudi Diusir dari Rusia

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Teguh Firmansyah
Simbol Yahudi, ilustrasi
Karl Marx

Pada 1 Oktober 1867 buku Bapak Komunis dunia Karl Marx berjudul Das Kapital dipublikasikan untuk pertama kalinya di dunia. Buku Das Kapital merupakan kritik yang dalam terhadap kapitalisme yang terjadi dalam masyarakat industri.

Sumber keuntungan utama dari perusahaan adalah majikan membayar pekerja-pekerjanya dengan bayaran yang sangat rendah. Sementara si majikan mendapatkan keuntungan dengan nilai komoditi yang dihasilkan oleh para pekerjanya dengan harga yang melampaui nilai pasar. Hubungan yang tak adil ini dikritik oleh Karl Marx.

Setelah buku pertamanya dipublikasikan, Karl Marx meninggal pada 1883 sebelum menyelesaikan manuskrip untuk bukunya Das Kapital jilid kedua dan ketiga yang dikerjakannya bersama temannya Friedrich Engels.

Buku Das Kapital yang diterjemahkan pertama kali diterbitkan di Kerajaan Rusia. Di mana eksploitasi kapitalisme hanya sedikit dilakukan di negara tersebut. Bahkan mungkin hanya sedikit orangyang membaca dan paham isi buku tersebut.

Meski demikian hanya di Rusia Das Kapital benar-benar dihargai. Buku Karl Marx tersebut dibaca, dipuji, dan dihargai oleh Rusia lebih dari yang dilakukan oleh negara-negara lain di belahan bumi manapun. Edisi terjemahan Das Kapital dengan bahasa Rusia terjual 3.000 kopi.

Sementara di Jerman membutuhkan lima tahun untuk terjual 1.000 kopi. Penjualan di Rusia 15 kali lebih laris daripada di Jerman. Bahkan di Rusia untuk menghargai Karl Marx, di sana dibangun monumen Karl Marx di Teatralnaya, Moskow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement