Rabu 09 Nov 2016 09:35 WIB

Sejarah Hari Ini: Soviet Luncurkan Stasiun Luar Angkasa Terbesar di Dunia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)
Foto: Charles de Gaulle
Charles de Gaulle

Pada hari ini tahun 1970, tokoh besar dalam sejarah Prancis, Jenderal Charles de Gaulle meninggal di rumahnya. Ia meninggal karena serangan jantung di usia 79 tahun.

Ia adalah pahlawan zaman perang dan mantan presiden yang dikagumi. Saat itu ia sedang menikmati waktunya menonton televisi. Tiba-tiba ia terkulai di kursinya.

Istrinya, Yvonne langsung menghubungi doktor dan pendeta, namun de Gaulle telah meninggal. Tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Pada sore hari ia jalan-jalan seperti biasa di taman.

Sehingga berita kepergiannya begitu mengejutkan semua pihak. Presiden Prancis saat itu, Georges Pompidou langsung mempublikasikan kepergian de Gaulle beberapa jam kemudian.

Meski telah pergi, paham Gaullism masih tetap kuat di politik Prancis saat itu. Idenya soal kepresidenan yang kuat dan kebijakan luar negeri yang independent masih terasa di Prancis.

Meski dianggap sebagai pahlawan perang atas okupasi Nazi selama PD II, de Gaulle tidak disukai pemimpin-pemimpin negara sekutu. Seperti PM Inggris, Winston Churchill dan Presiden AS Franklin D Roosevelt.

Keduanya tidak menyukai dan mempercayai de Gaulle. Churchill bahkan berupaya untuk menjatuhkannya dari posisi pemimpin pasukan Free French. de Gaulle sempat jadi presiden pada 1945 dan 1965. Namun ia mengundurkan diri masing-masing satu tahun setelahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement