Ahad 20 Nov 2016 08:09 WIB

Sejarah Hari Ini: Paus 80 Ton Tenggelamkan Kapal Pemburunya

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi - Paus sperma menabrak kapal pemburu minyak paus Essex yang bertolak dari Nantucket, Massachusetts. pada 1820.
Foto:
Pada 20 November 1947, Ratu Elizabeth II yang masih berstatus putri menikahi sepupu jauhnya, Philip Mountbatten.

Pada hari ini tahun 1947, Ratu Elizabeth II yang masih berstatus putri menikahi sepupu jauhnya, Philip Mountbatten dalam acara sangat mewah di Westminster Abbey, London. Philip adalah mantan pangeran Yunani dan Denmark.

Ia melepaskan gelarnya itu untuk menikah dengan Elizabeth. Elizabeth adalah pewaris takhta kerajaan Inggris. Ia berusia 21 tahun saat menikah dengan Philip yang berusia 26 tahun.

Masa muda Philip diisi dengan keikutsertaan dalam Perang Dunia II sebagai perwira angkatan laut Inggris. Ia menjadi Duke of Edinburg pada malam pernikahannya dengan Elizabeth.

Elizabeth adalah putri yang populer di kalangan masyarakat. Pernikahannya mengangkat semangat rakyat Inggris yang saat itu mengalami kesulitan ekonomi pasca-Perang Dunia II.

Pada 6 Februari 1952, Raja George VI mangkat dan Elizabeth pun naik takhta. Philip mengakhiri karier angkatan lautnya untuk berkonsentrasi pada tugas baru sebagai pendamping Ratu Inggris.

Dari pernikahan mereka, lahir empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement