Senin 21 Nov 2016 11:54 WIB

Sejarah Hari Ini: Mata-Mata Israel Ditangkap di AS

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Jonathan Jay Pollard saat wawancara pada 1998. Dia adalah mata-mata Israel yang ditangkap di AS.
Foto:
Thomas Alva Edison

Pada hari ini 1877 silam, Thomas Alva Edison mengumumkan penemuannya, fonograf. Ini adalah cara untuk merekam dan memainkan kembali suara. 

Ia menemukannya secara tak sengaja saat mencari cara merekam komunikasi telepon di laboratoriumnya. Saat itu ia bereksperimen dengan sebuah stilus di silinder kertas timah.

Ia kaget ketika metode itu ternyata bisa memainkan kembali lagu pendek yang ia rekam. Demonstrasi publik soal fonograf ini membuatnya terkenal. Ia disebut penyihir dari Menlo Park.

Menlo Park terletak di New Jersey, tempat laboratoriumnya. Edison kemudian memulai kembali eksperimen pada 1878 pada bola lampu. Sementara peneliti lain mengembangkan fonografnya.

Pada 1887, ia kembali mengerjakan teknik fonograf. Karyanya itu dikenal menghasilkan suara yang lebih jernih. Namun kualitas suara yang luar biasa itu tidak sepadan dengan temuan pemutar cakram yang juga mulai populer.

Pada 1920-an, bisnis radio mulai menurun. Pada 1929, produksi alat rekam Edison berhenti selamanya. Edison yang menghasilkan 1.093 paten selama hidupnya meninggal pada 1931 dalam usia 84 tahun.

Selanjutnya: Pemimpin Balkan Sepakati Pakta Damai Perang Bosnia

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement