Kamis 24 Nov 2016 08:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Pembunuh John F Kennedy Ditembak dari Jarak Dekat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pembunuh Presiden AS John F Kennedy, Lee Harvey Oswald.
Foto:
Charles Darwin

Pada hari ini tahun 1859, buku kontroversial Charles Darwin dipublikasikan di Inggris. Buku berjudul asli On the Origin of Species by Means of Natural Selection itu berisi teori Darwin soal asal usul makhluk hidup.

Darwin berpendapat makhluk hidup berevolusi dari awal mula melalui seleksi alam. Dalam seleksi alam, organisme dengan beragam genetik menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup.

Mereka yang kurang variasi genetik tidak akan bertahan untuk seterusnya. Pemikiran Darwin ini dipengaruhi oleh Jean-Baptiste de Lamarck dan Thomas Mathus. Ia mencari bukti teori selama lima tahun ekspedisi ke HMS Beagle pada 1830-an.

Ia mengunjungi pulau Galapagos di Selandia Baru. Ia menyimpulkan adalah evolusi organik pada makhluk hidup. Ini sebenarnya bukan ide baru. Kakek Darwin, Erasmus Darwin pun pernah mencetuskannya.

Darwin mengemas teori seleksi alamnya pada 1844. Saat itu ia khawatir karena teorinya bertentangan dengan teori penciptaan di kitab suci Injil. Pada 1858, Darwin tetap diam soal teorinya hingga Alfred Russel Wallace kemudian mempublikasikan ringkasannya.

Keduanya memberikan kuliah bersama soal evolusi pada 1858. Darwin pun mempersiapkan bukunya untuk publikasi. Saat dipublikasikan pada hari ini tahun 1859, buku langsung terjual habis.

Buku ini dinilai menyelesaikan teka-teki ilmu biologi. Para peneliti menganggapnya sebagai 'kitab suci baru'. Meski demikian, Kristen ortodoks mulai mengecam temuan tersebut.

Pada 1871, Darwin kembali mempublikasikan buku lanjutannya berjudul Descent of Man, and Selection in Relation to Sex. Ia menjelaskan asal mulai manusia adalah dari kera atau monyet.

Hingga 1882, temuan evolusi Darwin diterima kalangan umum. Untuk menghormati kinerjanya, ia dimakamkan di Westminster Abbey disamping raja-raja, ratu-ratu dan tokoh berpengaruh lain dalam sejarah Inggris.

Seiring dengan perkembangan biologi genetik dan molekular, muncul modifikasi teori evolusi. Namun ide Darwin tetap jadi pusat dari kerja tersebut.

Selanjutnya:

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement