Kamis 24 Nov 2016 08:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Pembunuh John F Kennedy Ditembak dari Jarak Dekat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Pembunuh Presiden AS John F Kennedy, Lee Harvey Oswald.
Foto:
Pembajakan pesawat (Ilustrasi)

Seorang pria yang menyebut dirinya DB Cooper membajak sebuah pesawat Northwest Orient Airlines 727 pada hari ini tahun 1985. Ia meminta tebusan 200 ribu dolar AS.

Cooper membajak pesawat tak lama setelah lepas landas. Ia memperlihatkan bom pada kru pesawat yang akhirnya menuruti permintaannya. Saat itu Cooper meminta tebusan, empat parasut dan ia berkata 'jangan bermain-main'.

Pesawat pun mendarat di Seattle-Tacoma International Airport dan otoritas memberikan tebusan sebagai ganti evakuasi penumpang. Cooper kemudian meminta pesawat diterbangkan ke Meksiko dalam ketinggian rendah.

Pada malam hari, pesawat terbang di atas Lewis River dekat Washington. Rekaman pesawat menunjukkan Cooper terjun dari pesawat. Ia hanya menggunakan kacamata, pakaian tipis, jas hujan dan parasut.

Saat itu kondisi sedang badai dengan kecepatan angin sekitar 100 mil per jam dan suhu di bawah nol dengan ketinggian 10 ribu kaki. Hingga saat ini, jasad Cooper tidak pernah ditemukan.

Pada 1980-an, seorang anak delapan tahun menemukan hampir 5.880 dolar AS di pasir sepanjang Sungai Kolombia, lima mil dari Vancouver, Washington. Otoritas yakin itu adalah uang tebusan yang dimiliki Cooper.

sumber : History/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement