Kamis 08 Dec 2016 09:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Penyanyi Legendaris John Lennon Tewas Ditembak

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
John Lenon mengomposisi beberapa lagu di The Beatles, beberapa adalah hasil kolaborasi dengan Paul McCartney. Salah satu yang paling dikenal di antero dunia Musik adalah -Help-
Kebakaran/ilustrasi

Sebuah teater mewah dan populer yang terletak di Ibu Kota Austria, Wina, terbakar pada 8 Desember 1881. Dalam peristiwa itu, diperkirakan sebanyak 850 orang tewas.

Kejadian bermula menjelang pertunjukan opera dari Jacques Offenbach yang berjudull Les Contes d'Hoffman. Pertunjukan itu sangat diminati oleh kalangan bangsawan negara dan dijadwalkan berlangsung pada malam hari.

Sekitar pukul 18.45, petugas teater hendak menyalakan lampu panggung. Namun, saat lampu dinyalakan, gas yang digunakan sebagai properti juga keluar, hingga menimbulkan percikan api.

Tirai panggung dengan cepat terkena percikan api. Tak sampai bbeerapa detik, api terus menjalar dan membesar. Tidak tersedia selang air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran saat darurat dan banyak orang semakin panik.

Kekacauan terjadi saat cahaya di gedung teater redup. Banyak yang berlari dan berdesakan. Banyak penonton yang berada di bangku balkon terjatuh dan tewas.

Banyak orang dalam tetater yang terjebak karena pintu keluar yang kecil dan api terus membesar. Petugas pemadam kebakaran juga sulit melakukan pertolongan dan meredakan api.

Hanya ada sekitar 100 orang yang berhasil diselamatkan. Mereka saat itu melompat dari balkon dan mendarat di jaring yang disiapkan oleh tim pemadam kebakaran,

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement