Ahad 25 Dec 2016 10:42 WIB

Sejarah Hari Ini: Kebakaran di Pesta Malam Natal Cina, 300 Orang Tewas

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Kebakaran/ilustrasi
Foto:
Charlie Chaplin

Aktor legendaris asal Inggris, Charlie Chaplin tutup usia pada 25 Desember 1977. Ia meninggal dunia pada usia 88 saat tertidur. Pria kelahiran 16 April 1889 itu terkenal pada era film bisu. Selain menjadi aktor, Chaplin juga menjadi komposer dan pembuat film.

Ia dianggap sebagai ikon setelah bermain dalam film layar lebar The Tramp. Suami dari Oona O' Neill itu juga dianggap sebagai salah satu figur paling berpengaruh dalam sejarah industri perfilman dunia.

Pada masa kecil, Chaplin menjalani kehidupan yang keras di London. Ia mulai menunjukkan bakat seni dengan bekerja sebagai aktor panggung dan komedian di usia belasan.

Hingga pada usia 19 tahun, ayah dari 11 anak itu menandatangani kontrak dengan perusahaan Fred Karno yang membuatnya masuk ke industri film Amerika. Chaplin terus mengembangkan karir dengan juga menyutradarai film yang ia mainkan sendiri.

Chaplin yang dikenal membuat film bisu terus mempertahankan untuk membuat larya tersebut hingga 1927. Pada masa itu, film bersuara sudah mulai terkenal, namun ia tetap mempertahankan identitas dan kekhasan dirinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement