Jumat 30 Dec 2016 01:03 WIB

Sembilan Peristiwa Menggemparkan Dunia Sepanjang 2016 (Bagian 2-Habis)

Bhumibol: Antrean warga Thailand di dalam Istana Kerajaan untuk menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej
Foto:
Warga Aleppo yang dievakuasi tiba di kamp pengungsi Rashidin dekat Idlib, Suriah, Selasa, 20 Desember 2016.

8. Pasukan Suriah Kuasai Kembali Aleppo, 21 Desember 2016

Militer Suriah mengumumkan kota terbesar kedua negara itu, Aleppo telah sepenuhnya direbut kembali dari pasukan pemberontak. Peristiwa itu merupakan kemenangan terbesar pemerintah Suriah dalam perang sipil yang berlangsung hampir enam tahun.

"Berkat darah para syuhada dan pengorbanan pasukan bersenjata kami yang gagah berani serta pasukan sekutu, komando angkatan bersenjata mengumumkan kembalinya keamanan Aleppo setelah dibebaskan dari terorisme dan teroris, dan pengungsian para warga yang tinggal di sana," kata militer dalam satu pernyataan, Kamis (22/12).

Pengumuman itu datang tak lama setelah televisi negara melaporkan konvoi terakhir yang membawa pasukan pemberontak dan warga sipil telah meninggalkan Aleppo timur. Sejak konflik berlangsung di Suriah dalam hampir enam tahun terakhir, Aleppo terbagi menjadi dua wilayah yang dikuasai oleh pemerintah dan oposisi. Sebelumnya, kota terbesar di Suriah itu merupakan pusat perdagangan dan industri komersial.

sumber : Arsip Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement