Jumat 30 Dec 2016 11:15 WIB

Puluhan Serangan Bom Hantam Turki Sepanjang 2016

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Tim paramedis membantu korban luka setelah bom mengguncang Masjid Biru di Distrik Sultanahmet, Istanbul, Turki, Selasa (12/1).
Foto:
Ledakan di luar stadion Besiktas, Istanbul, Turki, Sabtu (10/12).

26 Agustus

Sebanyak sembilan orang tewas dan 64 lainnya terluka akibat bom mobil di markas polisi Kota Cizre di tenggara Turki.

Cizre terletak di Sirnak, sebuah provinsi yang berbatasan dengan Suriah dan Irak. Sebagian besar penduduknya adalah suku Kurdi. Kantor berita Anadolu menduga PKK menjadi pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu.

8 Oktober

Sebuah serangan bom mobil menewaskan 17 orang, di antaranya sembilan tentara dan delapan warga sipil. Serangan itu terjadi di sebuah pos militer di Distrik, Semdinli, Provinsi Hakkari.

Korban luka mencapai 29 orang, termasuk 16 warga sipil. Kantor berita Anadolu menyebut serangan tersebut dilakukan oleh PKK, yang telah dilabeli sebagai kelompok teroris oleh Ankara.

24 November

Dua orang dilaporkan tewas dan 16 lainnya terluka saat terjadi ledakan di taman parkir gedung pemerintahan di Kota Adana. Kantor berita Hurriyet melaporkan serangan diyakini berasal dari bom mobil.

Rekaman video pascakejadian menunjukan banyak mobil terbakar karena ledakan. Sejumlah kerusakan juga terlihat di gedung pemerintahan.

10 Desember

Dua ledakan terjadi di luar Stadion Olahraga Besiktas Vodafone di Istanbul. Ledakan bom terjadi satu jam setelah berakhirnya pertandingan antara Besiktas melawan Bursaspor.

Aksi pengeboman tersebut diperkirakan untuk menyasar polisi-polisi Turki yang berjaga di sekitar kawasan itu. Sebanyak 44 orang tewas dan 155 lainnya terluka akibat ledakan bom itu.

Salah satu kelompok pecahan PKK, Kurdistan Freedom Hawks (TAK), mengaku sebagai pihak yang bertanggung jawab atas insiden ledakan bom kembar itu. Namun mereka membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan hanya menyasar petugas polisi.

17 Desember

Sebanyak 55 orang dilarikan ke rumah sakit setelah sebuah ledakan bom terjadi di sebuah bus di Kayseri. Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, mengatakan serangan tersebut menewaskan 13 orang dan melukai 12 orang.

sumber : Arsip Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement