Jumat 06 Jan 2017 04:55 WIB

Sejarah Hari Ini: Samuel Morse Perkenalkan Penggunaan Telegraf

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Alat Telegraf listrik pertama
Foto:
Disney Hollywood Studios.

Taman hiburan Walt Disney World Resort yang dikenal sebagai Disney-MGM Studios secara resmi ditutup, setelah hampir satu dekade beroperasi. Namun, penggemar Disney tidak perlu khawatir karena taman hiburan ini dibuka kembali keesokan harinya, 6 Januari 2008, dengan nama baru, Disney Hollywood Studios.

Dilansir dari History, Disney-MGM Studios memulai debutnya pada 1 Mei 1989. Taman hiburan ini merupakan taman ketiga Disney World di Lake Buena Vista, Florida, setelah Magic Kingdom pada 1971 dan Epcot Center pada 1982.

Proyek Disney World dimulai dengan sebuah ide untuk membuat paviliun bertema yang menyerupai panggung film. Kemudian lokasi diperluas menjadi taman hiburan yang membentang lebih dari 54 hektar.

Disney terlebih dahulu menandatangani kontrak dengan studio film Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) pada 1985. Kontrak tersebut memungkinkan Disney menggunakan nama dan logo MGM untuk taman bermainnya.

Dalam konsep aslinya, Disney-MGM Studios tidak hanya digunakan sebagai sebuah taman hiburan, tetapi juga sebagai studio produksi televisi dan film. Beberapa film, termasuk film komedi ringan Ernest Saved Christmas (1988), turut diproduksi di studio itu.

MGM kemudian mengajukan gugatan terhadap Disney pada 1988. MGM menyatakan, menggunakan taman hiburan sebagai studio produksi telah melanggar ketentuan kontrak mereka.

Kasus itu dapat diselesaikan pada 1992. Putusan persidangan memperbolehkan Disney untuk terus menggunakan nama dan logo MGM pada film-filmnya. Sedangkan MGM dipersilakan membuka taman hiburan sendiri di Las Vegas pada 1993, yang kemudian ditutup pada 2000.

Perubahan nama taman hiburan Disney itu dimaksudkan untuk memperkuat hubungan simbiosis antara taman hiburan dengan ibukota film dunia, yaitu Hollywood. Presiden Walt Disney World, Meg Crofton, mengatakan nama baru mencerminkan taman hiburan telah berkembang mewakili zaman keemasan musik, televisi, film, dan teater di Hollywood.

Selain perubahan nama, taman hiburan ini mengumumkan adanya atraksi baru, termasuk pameran interaktif dari film High School Musical dan sekuelnya. Pameran juga akan menampilkan model film Toy Story, The Chronicles of Narnia, dan reality show American Idol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement