Jumat 13 Jan 2017 08:17 WIB

Giliran Menlu Julie Bishop Disoroti Klaim Perjalanan Dinasnya

Julie Bishop menghabiskan anggaran sebesar$2.361 untuk menghadiri Melbourne Cup 2014, dimana dia dijamu oleh Emirates.
Foto:

Perjalanan dinas politikus lain diselidiki

Perjalanan dinas para politikus telah menjadi sorotan sejak terungkapnya pembelian apartemen mewah oleh Menteri Kesehatan Sussan Ley di Gold Coast saat melakukan perjalanan dinas yang dibiayai oleh uang pajak rakyat. Sussan Ley telah diberhentikan dari tugasnya sebagai Menteri Kesehatan sambil menunggu dua penyelidikan terpisah mengenai klaim perjalanan dinasnya.

Diketahui, masa depan Sussan Ley di kabinet akan diputuskan pada awal minggu depan. Isu ini mendorong ABC untuk menyelidiki lebih lanjut perjalanan dinas selama tiga tahun yang diklaim sejumlah politisi, dengan mencocokan apa yang telah mereka nyatakan dalam kepentingan yang mereka daftarkan dengan laporan perjalanan yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan.

ABC berhasil mengungkapkan Menteri Kesehatan Sussan Ley telah menggunakan uang pajak masyarakat untuk melakukan dua kali perjalanan untuk pesta malam Tahun Baru di Gold Coast pada tahun 2013 dan 2014.

Penyelidikan ini juga berhasil mengungkapkan Senator Tasmania, David Bushby, Menteri Keuangan Mathias Cormann dan Menteri Perdagangan Steve Ciobo juga telah mengajukan anggaran untuk perjalanan menonton Grand Final AFL pada tahun 2013, dimana mereka menjadi tamu undangan dari National Bank Australia.

Ketiga politikus ini mengatakan mereka memiliki urusan resmi di Melbourne sebelum atau sesudah pertandingan tersebut. ABC juga berhasil menemukan perjalanan terakhir yang diklaim oleh Menlu Bishop. Kantornya menolak untuk menjawab pertanyaan yang spesifik. ABC juga telah menyelidiki klaim perjalanan politikus Oposisi tapi tidak menemukan adanya kesesuaian mencolok yang sebelumnya tidak dilaporkan selama tiga tahun terakhir.

Apakah klaim mereka dibenarkan?

Aturan yang berlaku saat ini mengenai apa saja yang dapat diklaim buram dan kompleks, dan tidak jelas mendefinisikan apa yang dimaksud dengan "[urusan] resmi".

Setelah mantan juru bicara Bronwyn Bishop menggunakan helikopter yang didanai dengan uang pembayar pajak untuk melakukan perjalanan dari Melbourne ke Geelong, Pemerintah memerintahkan aturan ini dikaji ulang.

Kejelasan mengenai hak politisi

Kajian tersebut mengkritik keras aturan yang berlaku saat ini. Istilah 'kepentingan parlementer’, ‘warga pemilih’, dan ‘urusan ‘resmi’, dan kriteria kelayakan terhadap lebih dari 50 jenis biaya atau pengeluaran, tidak sepenuhnya mendefinisikan atau bisa dipahami masyarakat luas,” demikian kajian tersebut mengungkapkan.

"Setiap anggota parlemen diharapkan, meskipun tidak dapat dipaksa secara hukum, bersedia menyatakan bahwa biaya dinas yang sudah dikeluarkan semata digunakan untuk kepentingan parlemen atau pemilih atau keperluan sebagai pejabat.

"Sedikit mengherankan bahwa anggota parlemen dan masyarakat luas mendapati kalau sistem yang ada saat ini sangat kompleks dan membingungkan."

Pemerintah Federal telah berjanji akan melakukan perubahan pada sistem hak anggota parlemen ini dalam kurun waktu enam bulan pertama tahun ini. Sampai perubahan itu dilakukan, klaim-klaim perjalanan seperti yang ditemukan oleh ABC tampaknya benar-benar sesuai aturan.

Diterjemahkan pada pukul 21:30 WIB, 12/1/2017 oleh Iffah Nur Arifah dan simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/giliran-menlu-julie-bishop-disorot-anggaran-perjalanan-dinasnya/8179812
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement