Selasa 17 Jan 2017 15:01 WIB

Serba-serbi Turnamen Tenis Australia Open

Akankah juara bertahan Novak Djokovic mencapai rekor baru dengan menjadi juara Australia Open ke tujuh kalinya?
Foto:

Siapa juara termuda dan tertua dalam kejuaraan tenis tunggal putera dan puteri ini?

Petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis (kiri) merupakan pemenang Australia Open termuda di nomor tunggal Puteri dan juara bertahan di nomor ganda puteri bersama dengan Sania Mirza (kanan) pada Australia Open tahun 2016
Petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis (kiri) merupakan pemenang Australia Open termuda di nomor tunggal Puteri dan juara bertahan di nomor ganda puteri bersama dengan Sania Mirza (kanan) pada Australia Open tahun 2016.

Supplied: Ben Solomon, Tennis Australia

Peraih gelar juara tunggal putera termuda dalam Australia Open adalah Ken Rosewall yang meraih gelar ini pada tahun 1953 diusia 18 tahun 2 bulan. dan dia juga tercatat menjadi pemenang tertua dalam sejarah Australia Open tunggal putera, setelah kembali meraih gelar juara pada tahun 1972 di usia 37 tahun 2 bulan.

Sementara di nomor tunggal puteri, pemenang termuda adalah petenis jenius asal Swiss, Martina Hingis yang meraih gelar juara pada tahun 1997 ketika baru berusia 16 tahun 4 bulan.

Sedangkan peraih gelar juara di nomor tunggal puteri tertua dalam Australia Open disandang oleh Thelma Coyne Long yang memenangkan gelar ini pada tahun 1954 di usia 35 tahun 8 bulan.

Tahukah Anda …

Bola tenis mengenai raket
Ribuan raket terpaksa diperbaiki di Australia Open tahun 2016.

Dikarenakan intensifnya pertandingan (dan terkadang rasa frustasi pemain!) tercatat ada 5.292 buah raket yang diperbaiki kembali di kejuaraan Australia Open 2016, meningkat dari 4.763 raket yang diperbaiki pada tahun sebelumnya. Pada pelaksanaan Australia Open 2016 lalu total senar yang digunakan panjangnya lebih dari 63 kilometer.

Petenis nomor 1 dunia, Andy Murray belum pernah memenangkan gelar Australia Open.
Petenis nomor 1 dunia, Andy Murray belum pernah memenangkan gelar Australia Open. Supplied: Ben Solomon, Tennis Australia

Andy Murray asal Inggris merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah yang bertanding di lima kejuaraan Australia Open tanpa pernah memenangkan satu pertandingan pun.

Turnamen Grand Slam Australian Open merupakan Grand Slam internasional pertama yang diselenggarakan pada tahun atau musim turnamen berjalan. Kejuaraan ini dimulai tanggal 16 Januari 2017.

Ikuti kisah-kisah menarik lainnya seperti ini dengan bergabung bersama Australia Plus community di  Facebook, atau ikuti kami di Twitter dan  Instagram.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/serba-serbi-australia-open/8186494
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement