Sabtu 28 Jan 2017 08:34 WIB

Merkel akan Berbicara dengan Trump Bahas Rusia

Rep: Puti Almas/ Red: Bilal Ramadhan
Kanselir Jerman, Angela Merkel
Foto: AP
Kanselir Jerman, Angela Merkel

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Amerika Serika (AS) Donald Trump. Kedua pemimpin negara dijadwalkan untuk berbincang pada Sabru (28/1) hari ini.

Menurut keterangan, Merkel hendak membahas masalah Rusia. Tidak dipastikan apakah hal ini terkait dengan pencabutan sanksi yang mungkin dilakukan AS terhadap negara itu atas konflik di Ukraina.

Jerman dan negara-negara Uni Eropa lainnya dipastikan tetap memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas aneksasi Krimea. Mereka tetap terikat dengan pelaksanaan kesepakatan Minks dan tak mengikuti langkah AS dalam masalah ini.

Sebelumnya, Trump pernah mengisyaratkan untuk mencabut sejumlah sanksi AS terhadap Rusia. Penasehat miliarder itu, Kellyanne Conway mengatakan hingga saat ini hal itu masih dalam pertimbangan.

Pria berusa 70 itu juga dijadwalkan berbicara melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Meski tidak dipastikan membahas pencabutan sanksi, namun kedua pemimpin negara dipastikan membicarakan kerjasama bilateral dan keamanan nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement