Rabu 08 Mar 2017 09:09 WIB

Sejarah Hari Ini: Lenyapnya Malaysia Airlines MH370

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Mural tentang hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.
Foto:
VW Kombi Masa Lalu

Perusahaan pembuat mobil Volkswagen memperluas produksinya dengan menawarkan mikrobus. Jenis ini mulai diproduksi pada hari ini tahun 1950. Secara resmi, mobil itu diberi nama Volkswagen Tipe 2. The Beetle adalah Tipe 1.

VW Tipe 2 juga dikenal sebagai Transporter yang akhirnya jadi model favorit anak-anak gaul AS di masanya. Selama 1960-an, kendaraan yang lega dan 'keren' itu merajai jalanan hingga jadi ikon gerakan kontrakultur Amerika saat itu.

VW bus ini adalah gagasan dari pebisnis Belanda, Ben Pon. Ia adalah importir Beetle untuk Belanda. Ia saat itu melihat pasar bus kecil sangat berpotensi. Ia mulai menuangkan idenya dalam sketsa konsep mobil pada 1947.

Para insinyur VW kemudian mengembangkan idenya hingga mulai produksi Maret 1950. Bus ini punya banyak nama sebutan, seperti Kombi, Splittie dan di Jerman ia punya nama kecil Bulli. Di AS, mobil ini sering digunakan anak-anak muda untuk nongkrong atau kemping.

Tipe mobil ini juga meningkatkan kreativitas pemiliknya. Banyak yang menggambar mural, memberi stiker hingga mengganti logo VW dengan lambang 'damai' di depan mobil.

Di awal sejarahnya, jenis mobil ini terkait dengan Adolf Hitler. Pada 1930-an, Hitler jadi Kanselir Jerman dan ingin membuat mobil yang disebut mobil rakyat. Ia kemudian bertemu dengan Porsche dan memulai produksi Volkswagen.

Pada 1950, VW tiba di AS yang awalnya menghadapi cobaan berat karena terkait dengan Nazi. Namun pada 1959, pemasaran dilakukan besar-besaran hingga dalam tahun berikutnya, VW jadi mobil impor paling tinggi penjualannya di AS.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement