Sabtu 08 Apr 2017 10:11 WIB

Kondisi Anak Perempuan yang Hidup Bersama Kera Mulai Membaik

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Polisi India menemukan seorang gadis yang dibesarkan kawanan monyet di hutan perbatasan India-Nepal.
Foto: MyJoyOnline
Polisi India menemukan seorang gadis yang dibesarkan kawanan monyet di hutan perbatasan India-Nepal.

REPUBLIKA.CO.ID, UTTAR PRADESH -- Kisah Tarzan ternyata bisa juga terjadi di dunia nyata. Baru-baru ini polisi menemukan seorang anak perempuan di hutan. Ia diketahui hidup bersama kawanan monyet.

Pada Jumat (7/4), polisi mengatakan sedang menyelidiki penemuan anak berusia sekitar delapan-10 tahun tersebut. Mereka menelusuri daftar anak hilang untuk mencari identitas bocah ini.

Menurut polisi, anak itu ditemukan beberapa pekan lalu di sebuah hutan di Uttar Pradesh. Polisi senior mengatakan pada BBC, si anak bermain bersama kawanan monyet.

Ia bertingkah laku seperti monyet ketika otoritas menyelamatkannya. Dilansir dari Huffington Post, saat polisi mencoba mengevakuasinya dari kawanan kera, kawanan dan gadis tersebut berteriak.

Ketika petugas memanggil gadis itu, para monyet menyerang petugas, namun berhasil membawa gadis itu pergi. Mereka (petugas) mengemudikan mobil polisi dengan kencang karena dikejar kawanan kera.

Keberadaannya sudah dilaporkan oleh penduduk desa di dekat hutan. Katanya, mereka melihat anak kecil di cagar alam Katarniaghat.

Wilayah ini terletak di perbatasan India dan Nepal. Pejabat kepolisian, Suresh Yadav mengatakan si anak sempat melawan dan berontak saat polisi hendak membawanya.

Anak itu dalam kondisi malnutrisi dan tidak terurus. Rambut dan kukunya sangat panjang. Di tubuhnya terdapat sejumlah luka lama dan baru. Ia tidak bisa berkomunikasi, namun berjalan merangkak dan sering mencakar.

Saat ini gadis tersebut berada di rumah sakit Bahraich. Kondisinya mulai membaik dan bisa makan dengan menggunakan tangan. Polisi mengatakan akan menyerahkannya ke lembaga perlindungan anak dan spesialis medis lainnya agar ia mengenal dunia luar.

Kepala medis di rumah sakit, DK Singh mengatakan meski masih berada di rumah sakit, ia akan dipindah ke Lucknow Medical College. Namun sebelumnya ia akan diajari cara membersihkan diri.

Kepala distrik lokal, Ajaydeep Singh telah mengunjungi anak ini di rumah sakit. Ia bahkan memberinya nama "Forest Durga" yang artinya dewi prajurit Hindu dari hutan.

Berita penemuan anak ini sempat membuat geger India. Banyak orang menyebutnya Mowgli, sebuah tokoh seperti Tarzan dalam Jungle Book. Namun, tidak jelas berapa lama anak ini sudah tinggal di hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement