Senin 29 May 2017 13:37 WIB

Sejarah Hari Ini: Tanda Pengenal Bintang Kuning Bagi Yahudi Saat PD II

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Pasangan Yahudi yang mengenakan tanda pengenal bintang kuning saat masa Perang Dunia II.
Foto:
John F Kennedy

Pada hari ini di tahun 1917, Presiden Amerika Serikat yang paling dicintai John Fitzgerald Kennedy lahir di keluarga yang menonjol secara politik dan sosial di Brookline, Massachusetts. Ia adalah presiden AS pertama yang lahir pada abad ke-20.

Kennedy menerima gelar sarjana Hubungan Internasional pada tahun 1940. Dan pada saat itu ia sempat mengalami cedera punggung yang melemahkannya seumur hidup. Ia sempat menjalani operasi namun tidak berhasil. Akhirnya ia rutin mengonsumsi obat pembunuh rasa sakit, relaksan otot dan obat tidur selama sisa hidupnya, sebuah fakta yang berhasil disembunyikan dari perhatian publik.

Setelah kuliah ia bertugas di kapal Angkatan Laut PT saat Perang Dunia II. Pada 1952, ia memenangkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat dan kemudian bertugas di Senat selama tujuh tahun mulai tahun 1953. Pada tahun 1953 juga ia menikahi Jacqueline Bouvier yanng cantik. 

Penyakitnya sama sekali tak menghalangi kariernya dan segera menjadi bintang Demokrat yang naik daun di Senat. Kemudian ia mencalonkan sebagai presiden pada tahun 1960.

Beberapa programnya yang mendukung kebijakan ekonomi dan sosial liberal, seperti hak-hak sipil, peningkatan dana pendidikan dan perumahan rakyat, sikapnya yang anti-komunis, karismatiknya, ketampanannya dan filsafat politiknya membuat Kennedy menjadi presiden ke-35 mengalahkan kandidat Republik Richard Nixon. Ia bahkan menjadi presiden termuda yang terpilih di Gedung Putih.

Pers menggambarkan pemerintahan Kennedy sebagai Camelot modern, dengan Kennedy sebagai Raja Arthur yang memimpin sebuah masyarakat ideal. Namun pada 1963 Kennedy terbunuh saat berada di sebuah mobil terbuka saat melewati Dallas Texas.

Ia ditembak tepat di kepalanya oleh Lee Harvey Oswald dari lantai dua tempat penyimpanan buku. Saat kejadian itu terjadi ia juga bersama Gubernur Texas John Connally dan Jackie Kennedy. Connaly terluka di bagian punggung, lalu mengalami cedera di dada, pergelangan tangan dan pahanya, tapi akhirnya ia sembuh total. Sedangkan Jackie tidak terluka. 

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement