Selasa 04 Jul 2017 07:09 WIB

Sejarah Hari Ini: Amerika Serikat Merdeka

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Amerika.
Foto: flickriver.com
Pesawat ruang angkasa robotik NASA, Pathfinder saat berada di Planet Mars.

Setelah menempuh perjalanan sejauh 120 juta mil selama tujuh bulan, Pathfinder menjadi pesawat ruang angkasa robotik NASA pertama yang mendarat ke Mars dalam dua dekade pada 4 Juli 1997. Dalam prosedur pendaratannya, Pathfinder menggunakan parasut untuk memperlambat laju ke permukaan Mars dan kemudian menggunakan kantung udara untuk melindunginya dari guncangan saat mendarat.

Pesawat ini bertabrakan dengan dataran banjir Ares Vallis dalam kecepatan 40 mil per jam. Pathfinder juga sempat melambung tinggi ke atmosfer Mars sebanyak 16 kali sebelum mendarat dengan selamat untuk beristirahat.

Pada 5 Juli, Pathfinder berganti nama menjadi Sagan Memorial Station, untuk memperingati mendiang astronom Carl Sagan. Keesokan harinya, Sagan Memorial Station meluncurkan Sojourner, pesawat penjelajah antarplanet jarak jauh pertama.

Soujourner, yang menempuh jarak 171 kaki selama misi 30 harinya, mengirimkan banyak informasi tentang komponen kimia batuan dan tanah di wilayah itu. Selain itu, Sojourner juga mengambil hampir 10 ribu gambar lanskap Mars.

Dilansir dari History, misi Pathfinder ke Mars yang menghabiskan dana hanya 150 juta dolar AS ini dianggap sebagai sebuah kemenangan bagi NASA. Jutaan pengguna Internet mengunjungi situs resmi Pathfinder untuk melihat gambar planet merah tersebut.

Selanjutnya: Moskow Gelar Konser Rock Damaikan AS-Uni Soviet

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement