Kamis 27 Jul 2017 12:03 WIB

Sejarah Hari Ini: Perang Korea Berakhir

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Perang Dua Korea
Foto: Google
Perang Dua Korea

Sebuah bom meledak di arena konser musik rock di Centennial Olympic Park dalam perhelatan Olimpiade di Atlanta, Georgia, pada 27 Juli 1996. Dua orang dilaporkan tewas dan petugas pemadam kebakaran mengatakan sebanyak 200 orang terluka.

Grup band bernama Jack Mack and Heart Attack baru saja selesai memainkan sebuah lagu saat bom meledak di dekat pengeras suara. Setelah ledakan tersebut, lokasi insiden segera dikepung dan ditutup untuk umum oleh polisi.

Saksi mata menggambarkan kekacauan yang terjadi setelah ledakan. Orang-orang terbaring di tanah dengan kepala berdarah dan luka-luka lainnya saat polisi mencoba membersihkan daerah tersebut. Keamanan di Olimpiade telah ditingkatkan dengan melakukan pencarian ekstra untuk menyisir bahan peledak di sekitar lokasi.

Sebagian besar pengunjung mengatakan serangan tersebut tidak akan menghentikan mereka untuk menikmati sejumlah pertandingan di Olimpiade. Arena tinju, menyelam, trek lari, dan lapangan, masih menarik banyak penonton.

Presiden AS Bill Clinton mengatakan Olimpiade harus dilakukan sesuai rencana untuk menunjukkan negara tersebut tidak akan terpengaruh oleh aksi terorisme.

"Tindakan teror ganas seperti ini jelas diarahkan pada semangat demokrasi kita. Kita tidak boleh membiarkan serangan ini menghentikan kita untuk maju, kita tidak bisa membiarkan teror menang, itu bukan cara Amerika," kata dia, dikutip BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement