Kamis 27 Jul 2017 12:03 WIB

Sejarah Hari Ini: Perang Korea Berakhir

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Perang Dua Korea
Foto:
Bom (ilustrasi)

Pada 27 Juli 2002, jet tempur menabrak kerumunan penonton hingga menewaskan 85 orang dan melukai ratusan lainnya dalam sebuah pertunjukkan udara (air show) di Ukraina. Kecelakaan ini menjadi kecelakaan udara terburuk yang terjadi dalam sebuah pertunjukkan.

Ribuan penonton, termasuk di antaranya banyak anak-anak, sedang menikmati sore musim panas mereka di Skniliv Airfield di Lviv. Mereka datang untuk merayakan ulang tahun ke-60 pembentukan unit lokal angkatan udara Ukraina.

Sebuah jet Sukhoi SU-27 Rusia kemudian melakukan manuver sulit dan terjatuh hingga mendarat di atas aspal. Jet tersebut terjungkir balik dan langsung menghantam kerumunan penonton.

Ledakan api besar menciptakan pemandangan yang mengerikan. Kedua pilot pesawat berhasil keluar sebelum kecelakaan terjadi dan selamat dengan luka ringan.

Dilansir dari History, Presiden Ukraina, Leonid Kuchma, segera memecat kepala angkatan udara. Ukraina memulai penyelidikan atas insiden tersebut dan berjanji tidak akan menyelenggarakan pertunjukan udara di masa depan. Jutaan dolar disisihkan untuk membantu para korban dan keluarga mereka.

Penyelidikan dengan cepat mengungkapkan, pilot sedang mencoba manuver berisiko yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selain itu, tidak ada tindakan pengamanan di tempat untuk membantu pilot mengarahkan pesawat agar menjauh dari kerumunan jika terjadi keadaan darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement