Senin 29 Jan 2018 11:08 WIB

Kelompok Salafi Dukung Presiden Pejawat Abdel Fatah El-Sisi

Partai Nour mengumumkan bahwa mereka mendukung Presiden Sisi

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.
Foto: Reuters
Presiden Mesir Jenderal Abdel Fatah al-Sisi.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Partai Nour mengumumkan pada Ahad (28/1) waktu setempat bahwa mereka mendukung Presiden Abdel Fattah El-Sisi. Sisi berupaya untuk mendapatkan masa jabatan presiden kedua dalam pemilihan presiden musim semi ini.

Ketua kelompok Salafi Younis Makhioun kemudian mengatakan keputusan untuk mempertahankan dukungan partai tersebut terhadap presiden saat ini. hal ini terjadi setelah melalui proses konsultasi syuro oleh komisi lebih tinggi partai tersebut.

"El-Sisi adalah yang terdepan dalam menangani fungsi serius saat ini dan mencapai kerja sama antara semua institusi negara untuk mencapai stabilitas, menyelamatkan negara dari bahaya," kata Makhioun, dilaporkan Ahram Online. Dia juga meminta anggota partai untuk berpartisipasi dalam pemilihan yang akan datang.

Pertama kalinya partai Salafi tersebut mendukung El-Sisi saat mencalonkan diri menjadi presiden pada Mei 2014, dan pada 2013 telah mendukung penggulingan Presiden Mohamed Morsi.

Pernyataan terbaru tersebut terjadi sehari setelah Partai Wafd liberal Mesir untuk memilih tidak mencalonkan ketua partai El-Sayed El-Badawi sebagai kandidat dalam pemilihan Maret yang menegaskan dukungan mereka untuk El-Sisi.

Koalisi Mesir yang mencakup sekitar 30 partai, yang sebagian besar pro-Sisi, juga mengumumkan dukungan mereka untuk pemilihan presiden pada Sabtu.

Batas waktu untuk mengajukan pencalonan ke komisi pemilihan adalah hari Senin. Jika tidak ada yang melawan El-Sisi, maka sesuai Pasal 26 undang-undang yang mengaturpemilihan presiden mengatakan bahwa kandidat tunggal dapat dipilih jika dia mendapat suara ya dari lima persen pemilih yang memiliki hak suara. Surat pencalonan El-Sisi sudah diajukaan pada pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement