Senin 05 Feb 2018 11:35 WIB

Gubernur South Carolina: Amtrak di Jalur yang Salah

Menurutnya, kecelakaan terjadi bukan di jalur utama.

Gubernur South Carolina Henry McMaster memberi keterangan pers terkait tabrakan kereta Amtrak dengan kereta barang CSX di South Carolina, AS, Ahad (4/2).
Foto: AP Photo/Jeff Blake
Gubernur South Carolina Henry McMaster memberi keterangan pers terkait tabrakan kereta Amtrak dengan kereta barang CSX di South Carolina, AS, Ahad (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gubernur South Carolina Henry McMaster mengatakan kereta penumpang Amtrak tampaknya berada di jalur yang salah ketika bertabrakan dengan kereta penumpang CSX di bagian selatan negara bagian AS tersebut pada Ahad (4/2).

Dua orang tewas dan lebih dari 100 orang cedera dalam peristiwa itu. "Mereka mestinya tidak bertemu seperti itu. Tampaknya Amtrak berada di jalur yang salah," kata McMaster dalam satu taklimat.

"Keterangan yang kami terima --dan ini adalah objek koreksi-- ialah ini bukan jalur (kereta) utama. Ini adalah jalur muatan buat jalur tepi, tempat tabrakan terjadi," kata McMaster.

Kereta CSX diparkir di apa yang tampak sebagai jalur tepi ketika kereta Amtrak, yang bergerak dari New York ke Miami, menabraknya dengan kecepatan 59 mil per jam, katanya. Ia menggambarkan lokomotif kereta barang itu sepenuhnya tercabik dan lokomotif Amtrak nyaris tak bisa dikenali akibat tabrakan tersebut.

Kedua orang yang meninggal adalah pegawai Amtrak di kereta penumpang itu. Direktur Persiapan Darurat Lembaga Kesehatan Palmetto, Steve Shelton mengatakan d antara orang yang cedera, satu berada dalam kondisi kritis, dua didaftar sebagai serius, sementara yang lain menderita luka ringan seperti tergores dan memar.

Sebelumnya, pemerintah lokal menyatakan sebanyak 5.000 galon bahan bakar tumpah setelah tabrakan kereta tersebut. "Namun, tak ada ancaman buat masyarakat pada saat ini," kata Juru Bicara Lexington County Harrison Cahill.

Amtrak mengatakan di dalam satu pernyataan tabrakan itu terjadi sekitar pukul 02.35 waktu setelah di Cayce, South Carolina. "Gerbong depan tergelincir, selain beberapa gerbong penumpang. Ada delapan anggota awak dan sebanyak 139 penumpang, sedangkan beberapa orang dilaporkan cedera," kata pernyataan tersebut.

Itu adalah kecelakaan mematikan ketiga yang melibatkan Amtrak dalam waktu kurang dari dua bulan. Tahun lalu, satu kereta Amtrak tergelincir di bagian barat laut Negara Bagian Washington, AS menewaskan tiga orang dan melukai puluhan orang lagi. Pekan lalu, satu kereta Amtrak yang membawa anggota Parlemen dari Partai Republik ke tempat peristirahatan di West Virginia menabrak truk sampah di Virginia, menewaskan satu orang dan membuat dua orang lagi luka serius.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement