Selasa 06 Feb 2018 03:51 WIB

Sakelar Terkunci, Penyebab Tabrakan Kereta Amtrak

Penyelidik mempelajari mengapa sakelar diposisikan seperti itu.

Kereta penumpang Amtrak (kanan bawah) bertabrakan dengan kereta barang CSX (kiri atas) di Cayce, South Caralina, AS, Ahad (4/2).
Foto: AP Photo/Jeff Blake
Kereta penumpang Amtrak (kanan bawah) bertabrakan dengan kereta barang CSX (kiri atas) di Cayce, South Caralina, AS, Ahad (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, CAYCE -- Sakelar terkunci menjadi penyebab tabrakan kereta penumpang Amtrak dengan kereta barang. Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang dan melukai lebih dari 100 orang di South Carolina, Ahad dini hari (4/2).

Kepala Badan Keselamatan Angkutan Nasional (NTSB) mengatakan sakelar pada rel, yang dimiliki dan dikelola CSX Corporation, terkunci dalam keadaan mengarahkan kereta Amtrak ke jalur kecepatan rendah di dekat Kolumbia, Karolina Selatan. Kereta Amtrak kemudian menabrak kereta CXS yang terparkir dan dalam keadaan kosong.

"Kunci untuk penyelidikan ini adalah mempelajari mengapa sakelar tersebut diposisikan seperti itu," kata Ketua NTSB Robert Sumwalt kepada wartawan dalam jumpa pers pada Ahad.

Pejabat NTSB belum memberikan penjelasan. Presiden Amtrak dan Kepala Eksekutif Richard Anderson mengatakan kepada wartawan CSX bertanggung jawab atas kecelakaan akibat sakelar terkunci itu. Pejabat CSX tidak bersedia memberikan tanggapan.

Daftar Kecelakaan Kereta Mematikan di AS

Pejabat dari kedua perusahaan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dua orang yang tewas, seorang insinyur Amtrak dan seorang konduktor. Dua dari 116 orang yang cedera dalam kondisi kritis semalam, menurut beberapa pejabat setempat. Keadaan spesifik mengenai korban tersebut tidak tersedia.

Regu dari NTSB diperkirakan berada di tempat kejadian itu selama lima hingga tujuh hari. Tidak ada kemungkinan penyebab lebih lanjut akan disiarkan pada saat itu, demikian badan tersebut kepada media.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement