Selasa 27 Nov 2018 16:46 WIB

Cina akan Gunakan Satelit dan Roket untuk Manipulasi Cuaca

Ini merupakan proyek percobaan hujan buatan terbesar di dunia.

Hujan (ilustrasi)
Foto: ABC News
Ilmuwan China berencana mengirim tiga bulan buatan ke luar angkasa dalam empat tahun ke depan. (ABC News: Grafis oleh Jarrod Fankhauser)

Fantasi yang tidak masuk akal

Dasar-dasar pemikiran sains dibalik rencana ini masih menjadi bahan kontroversi. Beberapa fisikawan terkemuka di Cina mempertanyakan apakah proyek itu akan berhasil. Mereka memilih untuk menyuarakan kekhawatiran mereka secara terbuka setelah terungkap bahwa proyek itu akan menggunakan satelit dan roket yang mahal.

"Proyek ini adalah fantasi yang tidak masuk akal baik berdasarkan landasan ilmiah maupun kelayakan teknis," kata Lu Hancheng, seorang profesor di Universitas Teknologi Pertahanan Nasional di Beijing kepada harian milik pemerintah Global Times.

Ahli meteorologi dan fisika ABC, Nate Byrne sepakat dengan komentar ini. Menurutnya, agar rencana ini berhasil, awan perlu dikendalikan ke arah yang benar dan itu membutuhkan perubahan yang "tidak mungkin" terjadi mengenai arah angin di atmosfer.

"Ini masalah yang terlalu besar untuk dipikirkan ... dalam pandangan saya, tidak ada peluang nyata bahwa ini akan berhasil," katanya. "Mengarahkan [uap air] - itu adalah tugas yang sangat besar."

Ini bukan pertama kalinya Cina beralih ke roket untuk secara aktif mengubah perilaku cuaca. Selama Olimpiade Beijing 2008, media pemerintah Cina melaporkan negaranya berhasil mencegah hujan selama upacara pembukaan dengan menembakkan 1.110 roket ke langit untuk mengacaukan sabuk hujan dan memicu hujan sebelum memasuki stadion.

Dipercaya bahwa roket-roket itu mengandung partikel-partikel inti kondensasi awan di udara yang terdiri dari debu, garam atau bakteri yang sangat penting untuk menciptakan uap air dan menyebabkan hujan. Proses ini disebut penyemaian awan. Tetapi Byrne mengatakan bidang ilmu yang sedang berkembang ini masih dalam tahap pengembangan awal.

"Eksperimen pembenihan awan yang telah dilakukan skalanya luar biasa kecil, sangat lokal ... dan bahkan eksperimen tersebut belum membuahkan hasil," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-11-27/china-akan-kirim-satelite-untuk-manipulasi-cuaca/10556998
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement